Cara Proteksi Artikel Di Blog Agar Tidak Salin Atau Di Copas

Disini saya akan memberikan sedikit tips blogger bagaimana cara agar postingan blog tidak bisa di copy paste/disalin. Artikel adalah sebuah tulisan/postingan dimana postingan ini datangnya dari sebuah ide cemerlang yang dimana ide ini akan tertuang dan menjadilah sebuah postingan. Seseorang blogger pastinya sering melakukan aktivitas seperti menulis artikel karena sebagian besar tugas blogger adalah memperbarui blog dengan konten. Membuat postingan/memosting artikel baru juga tidak terlalu mudah untuk dilakukan karena kenapa? pastinya kalian sudah mengetahui dong betapa sulitnya menulis panjang dan berkualitas apalagi menulis postingan cukup lama dan membutuhkan waktu yang sedikit.Cara Proteksi Artikel Di Blog Agar Tidak Salin Atau Di CopasProteksi artikel ini dilakukan agar konten tidak dicopas secara penuh oleh blogger nakal. Pada umumnya tidak sedikit ada blogger nakal yang seenaknya saja menyalin artikel tanpa izin terlebih dahulu dan mereka pun menulis ulang lalu mempublish kembali artikel tersebut dengan cara menyalin konten dari atas sampai ke bawah tanpa menyertakan link sumber permbuat artikel.


Pastinya hal ini sangat membuat kita kesal, marah dan geram. Siapa yang tidak marah akan hal ini. pasalnya artikel yang kita tulis dengan susah payah, waktu yang lama disalin dengan cepat pada blognya apalagi hal itu dilakukan secara menyeluruh tanpa mengedit sedikitpun artikel kita.
Oleh karena itu disini saya akan memberikan tips cara memproteksi artikel agar artikel tidak dapat disalin dan dicopas. Tutorial ini sebenarnya sangat sederhana karena kita disini hanya mengandalkan kode script CSS. Oke langsung saja bagaimana cara agar artikel tidak dicopas oleh orang lain dengan menggunakan kode CSS.

Cara Proteksi postingan agar tidak bisa diblock dan disalin

Langkah pertama, masuk dan login ke dalam dashboard blog. Kemudian silahkan anda pilih menu Template > Edit HTML.
Tambahkan kode script CSS ini pada bagian mana agar text pada postingan anda tidak bisa disalin atau dicopas.
-webkit-touch-callout:none;-webkit-user-select:none;-moz-user-select:none;-ms-user-select:none;-o-user-select:none;user-select:none

Misalkan anda ingin pada bagian teks artikel tidak bisa di salin atau di block maka silahkan anda pasangkan kode ini tepat pada css .post-body seperti kode script pada berikut ini.

.post-body{-webkit-touch-callout:none;-webkit-user-select:none;-moz-user-select:none;-ms-user-select:none;-o-user-select:none;user-select:none}

Membatasi Postingan Teks Yang Hanya Bisa Disalin/Dicopas

Selain cara diatas, anda juga bisa menggunakan cara ini utnuk membatasi postingan agar bisa disalin pada bagian tertentu. Disini anda hanya perlu menyalin kode pada berikut ini pada template blog serta menambahkannya pada bagian dimana teks dapat disalin. Silahkan anda salin kode pada berikut ini.
-webkit-touch-callout:text;-webkit-user-select:text;-moz-user-select:text;-ms-user-select:text;-o-user-select:text;user-select:text

Untuk contoh, misalkan disini anda ingin agar pada bagian blockquote bisa di salin atau mungkin pada bagian pre code bisa dicopas maka kode scriptnya akan tampak seperti berikut ini.

blockquote,.blockquote,pre,code,i{-webkit-touch-callout:text;-webkit-user-select:text;-moz-user-select:text;-ms-user-select:text;-o-user-select:text;user-select:text}

Nah demikianlah bagaimana cara porteksi postingan pada blog agar tidak bisa diblock dan di copy paste oleh blogger nakal. Semoga bermanfaat.


Cara Proteksi Artikel Di Blog Agar Tidak Salin Atau Di Copas | Akirra Lee | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published.