6 Tips Cara Mengganti Template Baru Agar Visitor Bisa Meningkat

Posted on 0 views

Tips Blogger kali ini saya akan memberikan ulasan tips bagaimana cara memilih template yang sederhana, baik dan juga benar menurut kriteria dari google. Mengganti template lama dengan menggunakan template yang baru adalah salah satu cara untuk membuat tampilan desain template kita lebih menarik untuk diperhatikan, ramah dalam artian responsive tidak lambat dalam hal kecepatan loading, dan tentunya nyaman untuk dinavigasi oleh pengunjung setia blog kita.

Banyak penyebab kita mengganti template blog lama dengan yang baru, sebab template lama yang kita gunakan terdahulu memiliki banyak kekurangan. Kekurangan sebuah template biasanya kita bisa melihat dari segi desain atau tampilan blog, kecepatan loading blog sangat lambat, menu navigasi pada template kurang bagus untuk dinavigasi atau barangkali template tersebut kurangnya struktur data dan SEO friendly dalam upaya meningkatkan visitor pada blog kita.

Pada dasarnya template adalah sebuah pondasi utama dari blog yang kita kelola. Mengapa hal ini demikian? karena template sangat penting dan hal ini harus benar-benar anda perhatikan, Apabila template anda mempunyai fitur SEO friendly maka mesin pencarian baik itu google, yahoo, bing, dan yandex akan menyukai template tersebut. Dan ini diartikan apabila desain template anda disukai mesin pencarian maka mesin pencarian akan memberikan sesuatu yang positif, sehingga blog anda akan mudah diketemukan oleh pengguna internet.

Sebenarnya untuk mengganti template blog sangat mudah sekali untuk dilakukan. Kita hanya membutuhkan sentuhan sedikit saja pada settingan template maka template blog anda akan berganti dengan template terbaru. Namun hanya saja sebelum anda mengubah template pada blog ada hal-hal yang harus kalian perhatikan agar template tersebut tidak mempengaruhi performa blog anda. Jika ini tidak diperhatikan maka penggantian template ini akan menyebabkan trafik visitor blog menurun. Lantas apa saja hal-hal yang perlu kita perhatikan di dalam mengubah theme blogger? Yuk kita simak pemaparannya pada berikut ini.

Tips Mengganti Template Agar Visitors Tidak Menurun Drastis

Tips ini mungkin akan menjadi acuan anda untuk memilih sebuah template dengan benar dan baik. Oke langsung saja apa saja itu simak secara cermat di bawah ini:

Pilih Template Blog yang Baik dan Berkualitas SEO

Pada mesin pencarian google, ada banyak sekali jenis-jenis template yang bisa kita gunakan dan download. Baik template tersebut bersifat premium (berbayar) atau bersifat free (gratisan). Namun sebelum anda mengganti template blog di blogger anda maka pastikan terdahulu bahwa template yang akan anda pilih dan digunakan mempunyai kualitas SEO yang baik dan disukai oleh mesin pencarian.

Beberapa kriteria blog baik dan berkualitas SEO yang disukai oleh google adalah sebagai berikut ini;

1. Ringan

Template blog ringan atau kecepatan loading blog yang cepat. Mengingat google mengeluarkan sebuah peraturan agar blog bisa didaftarkan ke adsense blog harus memiliki loading speed yang cepat. Selain menjadi peraturan adsense, template yang ringan dan cepat dalam akses loading template juga menjadi salah satu pengaruh yang mampu meningkatkan posisi kita di halaman mesin pencarian. Semakin ringan sebuah template, maka akan semakin baik. Disini saya sarankan untuk menggunakan template yang berukuran kurang dari 120Kb.

2. Mobile Friendly

Mobile friendly adalah sebuah fitur template blog yang bisa diakses melalui device mobile, tentunya pada fitur ini anda juga harus memiliki kecepatan loading untuk blog agar bisa diakses oleh pengguna internet dengan cepat. Mobile friendly juga termasuk salah satu pengaruh besar agar blog anda mudah diketemukan di mesin pencarian. Dan biasanya ciri-ciri template mobile friendly, template akan secara otomatis menyesuaikan tampilannya ke semua perangkat/device tanpa harus menggunakan scroll ke samping kiri dan kanan.

3. Responsive

Responsive adalah sebuah sebutan bagi template yang tampilannya menyesuaikan semua gadget termasuk juga dekstop. Ketika calon pengunjung melakukan kunjungan melalui gadget apa saja, template responsive akan menyesuaikan ukuran secara otomatis pada gadget.


4. Memiliki Struktur Data yang Baik

Meskipun struktur data ini bukan dari faktor seo, namun hal ini akan membantu google untuk menampilkan sebuah halaman blog/website pada halaman mesin pencarian.

5. Memiliki Ukuran yang Kecil

Memiliki ukuran file yang kecil mewakili struktur data kode template yang baik dan benar. Dan hal ini juga mampu mempengaruhi kecepatan loading sebuah blog saat diakses oleh pengguna internet. Semakin kecil ukuran sebuah template maka akan semakin baik blog anda.

Lalu bagaimana cara kita mengetahui template memiliki fitur responsive, mobile friendly, dan tentunya mempunya struktur data yang baik? ada sebuah tools gratis yang bisa kalian gunakan untuk mengetahui apakah template blog baru yang dipilih pada saat itu untuk digunakan. anda bisa membaca artikel tentang bagaimana cara mengecek responsive dan mobile friendly template blogspot.

Back Up Template Blog Saat Akan Mengganti Template Blog Baru

Hal ini sangat penting, sebelum anda mengubah template blog lama dengan template yang baru langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membackup template blog lama, ini bertujuan agar sewaktu-waktu jika template baru tersebut kurang cocok dengan keinginan anda, maka anda bisa mengganti template tersebut dengan yang lama.

Pindahkan Beberapa Kode Penting pada Template Lama ke Template Baru

Sebelum menngganti template blogspot ada kalanya anda memindahkan beberapa kode-kode penting yang ada pada template sebelumnya. Kode kode penting ini biasanya terletak di bagian bawah kode <head>. Anda bisa perhatikan kode tersebut pada html template.

Beberapa kode penting template yang harus dipindahkan saat mengganti template adalah sebagai berikut:

1. Meta Tag

Pastikan semua meta tag anda telah dicopy dan disalin ke template yang baru nantinya anda gunakan. Meta tag ini berfungsi sebagai kode yang menyimpan segala informasi blog/website yang hanya dapat dipahami oleh robot mesin pencari (google-bot). Agar google bot tidak bingung mengenai anda mengganti template maka lebih baik anda pindahkan kode meta tag ini.

2. Kode verifikasi mesin pencarian seperti Webmaster Tools, Bing Toolbox, Alexa Serta yandex webmaster

Jangan lupa juga untuk memindahkan kode penting seperti verifikasi mesin pencarian ini. Namun jika anda belum mempunyai kode seperti ini. Maka segera daftarkan blog anda pada webmaster tools google, bing, alexa dan yandex.

3. Kode OpenGraph Facebook dan Twitter Card

Cara memindahkan kode-kode penting seperti meta tag, kode verifikasi dan kode opengraph agar lebih mudah, silahkan anda salin kode penting tersebut ke notepad++ kemudian salin sekali lagi ke template terbaru anda.

4. Uji Coba Template Anda

Nah apabila anda sudah berhasil mengubah template, maka hal yang dilakukan setelahnya adalah uji coba template. Ini bertujuan untuk mencari tahu apakah template yang digunakan sudah berforma maksimal atau belum.

5. Ganti Template Anda Di saat jam Genting atau sepi akan pengunjung

Saat ganti template ada kalanya anda mengubah template blogspot pada jam-jam genting atau blog pada saat itu sepi. Ini bertujuan agar tidak menggangu para pengunjung/visitor saat mereka sedang menelusuri blog kita. Waktu yang baik saat mengganti template adalah pada saat jam 1 pagi hingga jam 4.

Lakukanlah penggantian tempate blog dengan cepat agar tidak mempengaruhi pengalaman pengguna yang online pada saat itu.

6. Lakukan Update Artikel sesering mungkin

Ini juga bagian paling penting dalam sebuah website/blog. Jika sudah berhasil mengganti template disarankan agar anda melakukan pembaruan artikel pada blog agar google bot dapat mereindex bagian-bagian penting pada template baru anda.

Penggantian template lama ke template yang baru pada blog memang sangat mudah, namun anda perlu melakukan hal di atas agar performa template baru anda menjadi lebih baik dari performa template lama anda. Jika hal ini tidak anda perhitungkan, maka akan terjadi hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Nah demikianlah artikel ini saya buat 6 Tips Cara Mengganti Template Baru Agar Visitor Bisa Meningkat. Semoga bisa menjadi artikel yang bermanfaat untuk anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published.