Meta Tag Tambahan Untuk Mengoptimalkan Upaya SEO Pada Blog

Selain meta tag yang sudah saya bahas sebelumnya pada artikel Mengenal dan Memanfaatkan Tag-tag Dalam SEO Pada Platform Blogger kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara memasang meta tag tambahan untuk blogger agar lebih SEO friendly dalam mesin pencarian. Meta tag tambahan ini kalian boleh menambahkannya pada template anda atau tidak digunakan juga tidak apa apa. Namun jika anda memanfaatkan meta tag tambahan dalam blog/website anda maka akan lebih mudah bersaing dalam hasil mesin pencarian (search engine). Pada meta tag tambahan ini saya akan memberitahukan apa saja bagian bagian dari meta tag dan pengertian dari meta tag tambahan tersebut.

Meta Tag Tambahan Untuk Mengoptimalkan Upaya SEO Pada Blog

Langsung saja mari kita bahas meta tag tambahan ini satu persatu pada pemaparan tentang meta tag di berikut ini.

Meta Tag Tambahan Abstract

Apa itu Meta tag Abstract? Meta tag Abstract meripakan ringkasan mengenai konten dari sebuah blog/website. Meta Abstract tag ini hampir mirip penggunaanya dengan meta Description Tag, namun untuk membuat meta abstract tag, ringkasannya harus berbeda dengan deskripsi blog anda. Dalam abstrak tag ini kalian mempunyai kesempatan untuk memasukan keyword yang berbeda dari meta tag desciprition. Hal ini dilakukan untuk memperkaya kata kunci (keyword) tanpa harus perlu melakukan spamming keyword (pengulangan kata kunci). Contoh penggunaan meta abstract tag seperti berikut ini.

Contoh kode yang dipergunakan :

<meta name=”abstract” content=”Kami melayani jasa penulisan artikel dengan harga yang murah dan terjangkau untuk keperluan artikel blog serta website. Selain itu kami juga menyediakan artikel berupa topik mengenai artikel teknologi, artikel berita, artikel kesehatan wanita, artikel perbaikan komputer”/>

Perhatikan kode diatas, kode script diatas mengandung 5 kata kunci yang anda targetkan dan dalam contoh tersebut digunakan kata kunci artikel. Namun sebelum itu juga kalian harus sudah menyiapkan kata kunci yang bervariasi agar lebih kaya akan keyword.

Meta Tag Tambahan MyTopic

Apa itu Meta Mytopic tag? Meta Mytopic tag merupakan meta tag yang menjelaskan inti konten pada topik pembahasan blog/website. Pada meta tag mytopic ini kalian bisa menyisipkan beberapa kata kunci (keyword) sebagai tambahan. Untuk lebih lengkapnya anda bisa melihat kode script dibawah ini dan tambahkanlah pada template tepat di bawah kode.

<meta name=”mytopic” content=”Artikel, Jual artikel murah, Jual paket pembuatan artikel, Jasa penulis artikel, Penulis postingan artikel”/>

Anda juga bisa membuat meta tag mytopic seperti keterangan iklan contohnya perhatikan kode script meta tag mytopic pada berikut ini.

Meta Tag Tambahan Revisit-After

Meta tag revisit-after adalah meta tag tambahan yang ditujukan untuk mesin pencarian (Search engine). Sebait kode script meta tag ini akan memberikan perintah kepada bot search engin agar mengunjungi blog/website anda sesuai dengan perintah yang anda berikan pada kode tersebut.


Peringatan! jika anda menerapkan kode meta tag revisit after ini jangan menggunakan waktu tercepat dan juga jangan menggunakan waktu yang sangat lama. Apabila situs blog/website anda sering memperbarui artikle semisal berupa poostingan, berita, maupun event dan lain sebagainya maka anda bisa memberikan waktu bekisar 1 hari. Namun jika blog/website anda jarang diuptade atau diperbarui anda bisa menggunakan waktu bekisar 3-7 hari. Lalu bagaimana cara memasangkan meta tag revisit after ini? silahkan tambahkan kode di bawah ini tepat di bawah kode <head>.

<meta name=”revisit-after” content=”3 dasys” />

Kode perintah 3 days tersebut adalah waktu yang kita berikan. Silahkan anda ganti dengan waktu yang sesuai dengan keinginan anda.

Meta Tag Tambahan Robots

Meta tag robots merupakan meta tag yang memerintahkan atau mencegah search enngin mengindex halaman-halaman pada blog/website anda. Tag ini pada umumnya berlaku ke semua search engine yang anda tambahkan pada website.

Silahkan anda tambahkan kode script meta tag robots ini tepat di bawah kode <head>.

<meta name=”robots” content=”all,index,nofollow”/>

Meta Tag Tambahan Replay-to

Umumnya meta tag ini tidak terlalu penting untuk blog/website. Meta tag ini berfungsi untuk memberitahukan alamat email anda ke search engine, hal ini juga sering disebut semacam verifikasi kepemilikan situs. Namun sebaiknya anda pasangkan saja pada template anda caranya cukup mudah masukan kode script di bawah ini tepat dibawah kode <head>.

<meta http-equiv=”Reply-to” cpmtemt=”blidee19@gmail.com”/>

Silahkan anda ganti email diatas dengan menggunakan email anda.

Meta Tag Tambahan Distribution

Meta tag tambahan distribution ini berfungsi uuntuk menargetkan audience anda karena beberapa mesin pencarian mulai membedakan target audience, terutama situs yang bertopik dewasa. Jika website anda merupakan situs dewasa maka gunakan kode script ini pada template anda.

<meta name=”distribution” content=”Global” />

Kata global tersebut menandakan bahwa konten anda dapat dikategorikan bisa diakses oleh siapa saja.

Meta Tag Tambahan Classification

Meta tag Classification atau klasifikasi adalah meta yang mengklasifikasi situs anda berdasarkan dari kategori-kategoru yang berkaitan dengan isi konten dari blog/website yang dikelola. Pada meta tag ini anda harus memasukan secara spesifik klasifikasi situs web anda.

Contoh penggunaan kodenya sebagai berikut ini.

<meta name=”Classification” content=”bisnis online, jualan, jual, penjualanan, penulis artikel, artikel, usaha”/>

Hal ini bergantung pada isi konten dari website anda. Pilihlah dengan baik apa yang mencerminkan dari website isi konten anda.

Meta Tag Tanbahan Keyphrases

Meta tag ini ditambahkan untuk memperkaya keyword atau kata kunci yang unik dalam menambahakkan kata kunci ini anda harus benar-benar tepat memilihnya agar tidak terjadinya pengulangan kata kunci.

contoh kode penggunaanya :

<meta name=”keyphrases” content=”artikel, penjual artikel murah, toko artikel online, penulis artikel seo, artikel berkualitas seo”/>

Pasangkan kode tersebut dan gantilah keyword tersebut dengan keyword yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Nah demikianlah artikel tentang bagaimana cara optimasi SEO onpage dengan menambahkan meta tag tambahan pada blog. Semoga bermanfaat.


Gambar Gravatar
Seseorang yang malas, suka tidur molor pengen sukes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *