Perbedaan Antara Black Hat SEO dan White Hat SEO Serta Penjelasan Detailnya

Penjelasan Lengkap Perbedaan Antara Black Hat SEO dan White Hat SEO – SEO merupakan suatu bagian yang penting di dalam mengelola blog/website, tentunya dengan mengoptimasi seo pada blog anda akan mudah untuk diketemukan oleh pengguna internet melalui mesin pencarian. Namun tahukah anda, jika tidak semua teknik seo aman untuk website anda? Mesin pencarian (search engine) mempunyai sebuah kemampuan sistem yang dapat mendeteksi teknik-teknik nakal yang dipergunakan untuk meningkatkan hasil posisi konten blog/website anda pada mesin pencarian. Teknik nakal ini biasanya disebut dengan Black hat seo begitu juga sebaliknya jika anda ingin menggunakan teknik baik yang diperbolehkan oleh google maka gunakanlah teknik White hat SEO.

Melalui artikel ini saya akan memberikan ulasan mengenai penjelasan secara lengkap apa itu black hat seo dan apa itu white hat seo serta perbedaan di antara kedua macam seo ini. Oke mari kita simak pada berikut ini secara seksama.

Apa itu Black Hat SEO?

Black hat seo merupakan serangkaian teknik yang dilakukan untuk mengakali mesin pencarian agar konten blog/website bisa menempati posisi nomor 1 di halaman pertama pada mesin pencarian google. Teknik ini biasanya meliputi manipulasi dengan cara Page Cloaking. Dimana Page Cloaking adalah teknik memanipulasi sebuah halaman pada website agar terlihat baik di mata mesin pencarian. Apabila  teknik ini dilakukan maka konten berupa artikel/postingan anda mungkin akan menempati posisi pertama pada mesin pencarian terutama Google search engine. Selain itu biasanya halaman-halaman yang didapatkan dari hasil Page Cloaking berbeda tinggi dengan halaman yang ditunjukan ke pengunjung atau pengguna internet.
Contoh dari konten hasil Page cloaking adalah membuat berbagai jenis kata kunci (keyword) di halaman blog/website. Namun, agar kata kunci tersebut tidak terlihat oleh pengunjung/pengguna internet maka kata kunci tersebut disamarkan dengan cara menyamarkan warna font serupa dengan warna background sebuah website.
Umumnya masih banyak cara melakukan teknik nakal ini yang bertujuan untuk memanipulasi dan mengelabuhi search engine. Namun, teknik ini akan sia-sia jika anda terapkan pada blog anda. Mengapa? Meski anda memperoleh peringkat pertama di mesin pencarian dengan menggunakan teknik ini pada akhirnya tetap saja dalam waktu jangka pendek google akan mengetahui teknik nakal yang digunakan. Dan resiko terbesar dan terberat anda jika menerapkan black hat seo ini adalah situs website anda akan di banned dan di block oleh google sehinggan webiste ini tidak akan bisa diketemukan pada mesin pencarian google lagi.
Saran dari saya sebenarnya sih anda boleh-boleh saja menggunakan teknik ini, namun resiko tersebut harus anda tanggung sendiri dan anda siap juga menanggung kerugian atas aktivitas apa yang anda lakukan. Ingat juga Google adalah sebuah perusahaan raksasa internet yang dimana perusahaan ini memiliki orang-orang pintar didalamnya. Upaya melakukan teknik Black Hat SEO ini lambat laun akan mudah diketahui oleh google.

Apa itu White Hat SEO?

White hat SEO dikenal sebagai SEO yang didapat dengan natural. Jika anda menerapkan white hat seo ini pada blog/website bukan tidak mungkin lagi konten anda akan bertahan dengan jangka waktu yang panjang di halaman mesin pencarian google. White hat seo merupakan serangkaian teknik yang dilakukan untuk membuat konten blog/website anda berada pada posisi terdepan halaman pencarian google dengan natural tanpa adanya resiko berat yang akan terjadi. Biasanya teknik ini dilakukan dengan cara melakukan optimalisasi keyword yang merupakan SEO dasar seperti halnya meta tag diantara lainnya yaitu  Title tag, meta description tag, meta keyword tag, img alt tag dan body tag.


SEO natural atau White hat SEO ini memang dikenal sangat lambat sekali membuat blog anda berhasil menuju ke garis depan halaman mesin pencarian karena optimasi white hat seo ini membutuhkan proses dedikasi dan proses dengan waktu yang sangat lama untuk menikmati hasilnnya. Selain itu, melakukan white hat seo juga membutuhkan kesabaran anda untuk melihat hasil dari optimalisasi seo natural ini.

Optimasi SEO yang terbaik dan berkualitas dimaan hasil optimasi seo ini dapat memuaskan anda dalam jangka waktu yang panjang. Namun optimasi seo ini tergantung pengolahan anda pada optimasi blog anda. Apakah optimasi seo anda sudah dilakukan dengan maksimal atau belum. Hal ini juga dirasa sangat cukup adil bagi mereka yang mengoptimasi blognya dengan secara alami karena google akan memberikan hadiah yang terbaik bagi blognya yang berkualitas dengan cara memberikan posisi pertama pada mesin pencarian google.

Nah itulah sepatah dua patah kata mengenai perbedaan mencolok antara black hat seo dan white hat seo. Yang manakah yang pantas anda gunakan pada blog anda? silahkan berkomentar dibawah ini. Semoga bermanfaat guys.


Perbedaan Antara Black Hat SEO dan White Hat SEO Serta Penjelasan Detailnya | Admin MB | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published.