Tahapan Cara Optimasi SEO WordPress Self Hosting

Cara Optimasi Seo pada WordPress.org – WordPress merupakan salah satu platform blog terpopuler selain blogger yang digunakan oleh para blogger dan wordpress juga disebut Content Management System yang sangat Fantastis, Gratis, dan bersifat open source. Dengan menginstall wordpress, kalian hanya membutuhkan sentuhan beberapa menit saja kamu bisa mempunyai sebuah website. Membuat website wordpress terbilang sangat mudah, wordpress bisa kalian install dengan gratis akan tetapi kalian harus mempunyai hosting dan domain.

12 Tahapan Cara Optimasi SEO WordPress Self Hosting

Dengan menggunakan wordpress self hosting kebutuhan bisnis online kamu akan terbantu. Baik itu bisnis online kamu berupa blogging, portal berita, toko online, forum maupun personal website.

Namun tidak seperti kenyataanya, kamu tidak hanya cukup menginstall wordpress dan menggunakannya begitu saja untuk mendapatkan hasil yang optimal dan maksimal. WordPress memang merupakan sebuah platform website/blog yang SEO friendly, akan tetapi kamu harus mengetahui juga apa saja yang harus kamu melakukan untuk mencapai hal yang kamu inginkan.

Pada artikel ini disini saya akan menunjukan langkah-langkah yang diperlukan untuk optimasi seo blog wordpress serta memberikan tips bagaimana cara mengoptimalkan website wordpress kamu. Mari simak di berikut ini.

10 Tahapan cara optimasi seo di wordpress

1. Pengaturan Privasi Saat Blog Dalam Pembangunan

Salah satu pengaturan wordpress yang wajib kita lakukan adalah mensetting pada privacy settings, Apabila situs kamu baru tahap pembangunan dan masih dalam tahap pengembangan maka akan lebih baik kamu mencentang pengaturan ini, dengan mencentang pengaturan privacy settings ini maka google tidak akan mengindeks situs blog/website kamu. Dan apabila blog yang kamu kelola sudah siap untuk di launching secara resmi maka hilangkan centang ini pada pengaturan Search Engine Visibility tersebut.

2. Melakukan Optimasi dan Mengatur Permalink

Kamu juga wajib mengkonfigurasi dan mengatur URL pada wordpress agar lebih seo friendly. Ini berfungsi agar website kamu menjadi lebih ramah saat dirayapi oleh mesin pencari (SEF URL) dengan memilih opsion Custom Structure dan menambahkan parameter berikut ini dalam kotak teks tersebut.

3. Mengubah Nama Kategori

Setelah kamu melakukan penginstallan pada wordpress biasanya wordpress berkeadaan default atau standar, maka langkah yang perlu kita lakukan disini dalam kategori pada wordpress akan ada kategori yang bernama uncategorized, nah kategori sebenarnya tidak berguna kamu bisa hapus atau kamu bisa ganti dengan kategori yang sesuai dengan situs website kamu. Jika kamu kelupaan saat mem-publish artikel maka akan secara otomatis berada pada kategori uncategorized.

4. Menyesuaikan Judul Halaman Menggunakan Plugin Seo

Pengaturan awal WordPress juga akan menggunakan judul halaman atau posting sebagai judul tag HTML dan di wordpress kita tidak bisa mengatur setingan untuk meta tag deskripsi dan meta tag keyword. Di wordpress ada banyak sekali pengembang yang memberikan beberapa plugin yang dapat membantu kamu untuk menyesuaikan meta tag seo wordpress ini, seperti plugin Yoast dan All in One SEO Pack.


Apabila kamu sudah menginstall plugin Yoast atau plugin All in One SEO Pack maka akan secara otomatis akan ada menu baru, menu baru itu merupakan menu untuk melakukan konfigurasi pada plugin tersebut. Seperti menentukan sebuah judul halaman, meta description, dan meta keyword tag untuk situs kamu secara khusus.

5. Optimasi SEO Dengan meletakan Gambar Pada Postingan

Google bot atau mesin pencari tidak hanya berfokus pada kualitas artikel saja, namun gambar juga harus menjadi salah satu kewajiban yang perlu kamu optimasi juga agar blog cepat teriindex. Untuk mengoptimasi gambar, kamu wajib mengisi atribute Title dan Alt pada gambar, karena mesin pencari google, bing dan lain-lainnya akan membaca alt atribute untuk menemukan gambar yang kamu bagikan. Dalam hal ini kamu juga bisa menggunakan plugin SEO Friendly images untuk mengoptimasi gambar dan memberikan atribute Title dan Alt secara otomatis. Dengan plugin ini akan sangat memudahkan kamu apabila kamu lupa mengisi alt text dan image text pada saat upload gambar. 

6. Install Plugin Google Sitemaps Xml

Optimasi seo di wordpress penting lainnya adalah menginstall plugin google sitemaps xml untuk mendapatkan index pencarian yang lebih cepat. Dengan cara ini kamu juga harus memberikan crawler atau bot akses ke HTML dan XML Sitemaps. Saya sarankan kamu install plugin Google XML Sitemaps untuk menghasilkan peta situs XML.

7. Memasang Plugin Google Analytics

Google analytics sangat penting untuk situs wordpress yang kamu kelola, oleh karena itu dengan memanfaatkan tools gratis google analytics ini kamu bisa melihat dan mengetahui berapa jumlah pengunjung harian kamu dan kamu juga bisa mengetahui apa kata kunci yang paling sering di gunakan oleh pengunjung saat mereka mengakses website atau blog. Google analytics ini sangat bermanfaat tools ini jugai memberikan informasi kepada kamu tentang lalu lintas situs disetiap harinya. kamu bisa menganalisa kinerja situs kamu melalui produk google gratis ini. Silahkan baca tautan dibawah ini untuk cara mendapatkan code google analytics dan penerapanya.

8. Menginstall Theme Responsive atau AMP

Saat kamu melakukan pengemabangan pada website wordpress kamu, sangat diharuskan untuk menggunakan Theme wordpress yang Responsive dan Mobile Friendly. Entah itu kamu menggunakan theme wordpress gratis atau mungkin kamu membeli theme wordpress di Elegant Themes. Karena fungsi dari menggunakan Theme responsive ini akan secara otomatis menyesuaikan website berbagai macam layar gadget dari pengguna internet, baik itu gadget Dekstop, tablet maupun smartphone.

9. Optimalkan Code Theme

Setelah memilih theme wordpress yang sesuai dengan website wordpress kamu, maka langkang selanjutnya sebaiknya kamu juga melakukan test score seo terhadap theme yang telah kamu gunakan untuk optimasi SEO nya. Disini saya menggunakan add-on SEO Doctor Firefox  untuk melakukan cek terhadap theme yang saya gunakan.

10. Mengoptimalkan File HTACCESS

Htaccess merupakan set pertama dari kode server yang telah dibaca sebelum beban kita dalam mengakses sebuah halaman web. Pada code htaccess ini kamu dapat menentukan beberapa aturan. File ini sebenarnya merupakah hal yang sangat sensitif dan juga resikonya sangat besar yang dapat mengakibatkan situs wordpress kamu tidak bisa di akses, apabila kamu melakukan kesalahan dalam kode, jadi hati-hati, backup dan tes.
Pastikan bahwa website kamu tidak dapat memuat kedua versi www dan versi non-www. Google akan menghitung setiap halaman web, meskipun mereka secara teknis sama, sebagai dua halaman yang berbeda dan memberikan hukuman situs kamu sebagai duplikat konten. kamu bisa menggunakan salah satu versi dengan menambahkan beberapa baris kode di file htaccess.

Tingkatkan kecepatan situs kamu dengan mengurangi waktu membuka halaman. Modul open source server Apache HTTP ini secara otomatis berlaku praktek kinerja web terbaik ke halaman, dan terkait (CSS, JavaScript, gambar) .

Periksa server hosting yang kamu gunakan, apakah mendukung mod_pagespeed ? dan jika iya, aktifkan. Dengan tambahkan kode berikut ke file tsb.

Nah itulah tips bagaimana cara optimasi SEO WordPress, Semoga bermanfaat.


Gambar Gravatar
Seseorang yang malas, suka tidur molor pengen sukes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *