10 Cara Jitu Mendapatkan Banyak Klik Iklan Adsense Terbaru

Meningkatkan jumlah pendapatan google adsense memang menjadi sebuah idaman bagi seorang blogger. Nah melalui artikel kali ini disini saya akan membahas sedikit tentang bagaimana cara memperoleh atau mendapatkan banyak klik iklan adsense dari pengunjung blog anda. Klik iklan adsense juga bisa kita sebut dengan nama CTR.

10 Cara Jitu Mendapatkan Banyak Klik Iklan Adsense Terbaru

Apa itu CTR ?

CTR (Click Through Rate) atau bahasa indonesianya yakni RKT (Rasio Klik Tayang) merupakan sebuah nilai persentase klik iklan dari total semua iklan yang ditayangkan/ditampilkan.
Jumlah klik pada iklan adsense disini sangat mempengaruhi tinggi dan rendahnya persentase CTR, maksud dari pernyataan ini adalah semakin tinggi persentase CTR maka akan semakin tinggi juga penghasilan yang akan anda dapatkan. Goolge sendiri tidak memiliki batasan berapakah persentase CTR yang wajar untuk sebuah blog, namun jika nilai persetanse CTR disini melebihi batas dari kewajaran dari jumlah persentase visitors yang masuk pada blog anda maka itu tandanya kita harus berhati-hati karena hal ini dapat merugikan blog anda dan resiko paling parah adalah akun adsense anda bisa di banned oleh google.
Saran atau rekomendasi dari saya sebagai sesama blogger, usahakan persentase CTR anda dapatkan di bawah dari 6% – 7%. Jika nilai CTR anda sesuai dengan kondisi tersebut maka akun anda akan aman-aman saja. Namun selain itu kita juga harus memperhatikan beberapa kondisi-kondisi yang dapat membuat akun adsense kita tidak aman seperti halnya melanggar tos adsense dengan mengklik iklan sendiri, memasang iklan berlebihan sampai menutup konten ini tidak diperkenankan oleh blogger dan dapat menyebabkan akun anda di banned secara langsung oleh google dan masih banyak yang lainnya lagi.
Pada dasarnya meningkatkan nilai CTR dan meningkatkan jumlah klik adsense pada blog cukup mudah hal yang harus anda lakukan adalah mengikuti 3 cara pada berikut ini.

10 Cara Meningkatkan Klik Iklan Adsense

1. Gunakan template blog simple dan tidak terlalu ramai

Cara pertama yakni usahakan anda harus menggunakan template yang memiliki desain simple atau sederhana. Dan yang paling penting juga pada template kita tidak ada widget yang dapat membuat ramai pada layout template.
Mengapa hal ini harus anda lakukan? karena jika kita menggunakan template sederhana, clean dan juga tidak ramai maka akan membuat iklan adsense anda terlihat lebih menonjol dan hal ini dapat menjadi lebih menarik perhatian visitor untuk mengklik ads tersebut.

2. Jangan Memasang Widget Berlebihan pada Template

Meskipun anda seudah mengganti template blogger dengan menggunakan template yang sederhana serta clean, namun anda masih saja memasang beberapa widget yang tidak penting dan berlebihan pada blog maka hal tersebut akan membuat blog anda terlihat ramai dan tidak menarik untuk dilihat.
Nah untuk mengatasinya maka kita perlu menghapus widget tidak penting seperti misalnya widget jam, widget statistik, widget kalender dan widget lainnya tersebut agar desain template blog anda tidak terlalu ramai.

3. Gunakan Template yang terlalu lebar

Hal lain yang membuat iklan adsense jarang diklik oleh pengunjung adalah desain pada template blog anda terlalu lebar maka dari pengunjung sulit untuk menemukan iklan tersebut karena saking kecapekan merekan scroll kiri sampa ke kanan dan sampai akhirnya melihat sebuah iklan pun mereka tidak focus.
Untuk mengatasinya maka kita ganti lebar dari desain template blog anda agar lebih sempit lagi karena jika jarak blog tersebut terlihat sempit maka pengujung akan tetap focus pada konten dan iklan adsense kita pada blog.

4. Gunakan template Responsive

Kenapa harus template responsive? karena pengguna internet di jaman sekarang lebih banyak menggunakan perangkat atau device mobile ketimbang desktop. Maka dari itu template responsive adalah bagian yang penting pada desain blog dan ini merupakan hal yang wajib untuk semua website atau blog. 
Apalagi pada era kali ini google adsense sudah menyediakan iklan bersifat responsive.

5. Gunakan Ukuran Iklan yang Direkomendasikan

Google adsense kini sudah menyediakan banyak sekali ukuran iklan yang bisa anda gunakan di website anda, bahkan anda juga bisa membuat ukuran iklan sesuai dengan ukuran selera anda. Akan tetapi hanya ada beberapa saja ukuran iklan yang dapat memaksimalkan performa iklan tersebut.
Umumnya dengan memasangkan iklan yang besar pada blog maka akan membuat tinggi nilai CTRnya. Mengapa demikian? alasannya cukup berlogika karena iklan dengan ukuran besar akan memudahkan pengunjung untuk melihatnya.
Pada berikut ini adalah gambar grafik penggunaan iklan dengan ukuran iklan yang direkomendasikan dari ukuran kecil sampai ke ukuran terbesar. 

6. Letakan iklan ditempat yang benar dan tepat

Setelah anda memilih ukuran iklan yang akan dipasangkan pada blog anda maka hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memilih posisi atau tempat yang tepat agar iklan tersebut dapat berforma lebih maksimal. 


Berikut ini adalah letak iklan rekomendasi dari saya agar mendapatkan nilai CTR yang lebih tinggi.
  • Di bawah judul postingan gunakan ukuran iklan 300×250 atau 336×280.
  • Di tengah postingan anda bisa menggunakan ukuran responsive, 336×280 dan juga 300×250.
  • Di bawah postingan gunakan ukuran iklan 300×250 atau 336×280.
  • Pada sidebar gunakan ukuran iklan besar seperti ukuran 300×600 atau 160×600.
  • Pada header gunakan ukuran iklan melebar seperti ukuran 728×90.
  • Di bawah menu navigasi dengan ukuran 980×80.

7. Gunakan Kombinasi Jenis Iklan Berbeda

Google adsense menyediakan 3 jenis iklan berbeda. Apa saja jenis iklan tersebut? jenis iklan pertama yakni iklan teks, gambar dan link tautan. Untuk itu gunakanlah jenis iklan berbeda pada blog anda agar lebih bervariasi.

8. Kurangi Jumlah Iklan

Salah satu cara lain agar dapat meningkatkan CTR dan mendapatkan banyak klik iklan adsense adalah dengan cara mengurangi jumlah iklan pada blog anda. Anda bisa memasang iklan tersebut di lokasi tempat yang memiliki Nilai CTR tinggi misalnya di bawah judul postingan dan di tengah postingan.

9. Jangan Campurkan Iklan Adsense Dengan Iklan Yang lainnya.

Dalam kebijakan google adsense, tim adsense melarang mencampur iklan adsense dengan program pengiklanan yang lainnya. 

10. Tingkatkan Visitor/Pengunjung Blog

Apabila anda sudah menerapakan semua cara diatas mulai dari no1 sampai no.9 maka langkah selanjutnya adalah meningkatkan jumlah trafik blog anda agar banyak yang mengklik iklan adsense pada blog anda.
Demikianlah tips bagaimana cara meningkatkan nilai CTR Google adsense dan Letak posisi iklan yang paling besar dapat penghasilan. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
"Seseorang Informan yang baru belajar"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *