Solusi Mengatasi Redirect Mobile M=1 Ketika Migrasi Ke WordPress

Mediababe.netCara mengatasi redirect m=1 ketika migrasi blogger ke wordpress. Sebenarnya hal ini adalah hal yang cukup penting untuk kita ketahui, karena kita akan tidak tau kapan kita akan mengganti platform blogger ke platform yang lainnya. Nah migrasi ini tentunya adalah salah satu cara bagi mereka yang ingin pindah dari blogger ke wordpress tanpa harus kehilangan trafik dan banyak artikel yang not found 301.

 Mengatasi Redirect Mobile M=1

Apa sih yang dimaksud dengan redirect m=1 atau m=0? Jika anda menggunakan platform blogger ketika anda menggunakan template responsive maka saat dibuka melalui smartphone atau gadget lainnya akan ada kode tambahan berupa string yakni ?m=1 dan ?m=0 yang terletak dibelakang alamat artikel yang anda kunjung.

Contoh:

http://mediababe.net/?m=1

http://mediababe.net/?m=0

Biasanya hal ini disebabkan oleh Duplicate Title Tags, yang berakibat adanya parameter tambahan seperti m=0 m=1 di versi mobile, meskipun Matt Cut dari Google mengatakan Duplicate Content tidak masalah asalkan bukan SPAM. Duplicate Title Tags m=0 m=1 adalah parameter Url yang ditemukan di akhir permalink posting blog yang muncul di versi mobile.


Jika blog dibuka di mobile phone, maka versi mobile blog akan otomatis terbuka. Browser di HP akan otomatis membuka tampilan blog versi mobile, dengan tambahan kode m=1 itu.

Kode m=1 menandakan perangkat yang digunakan membuka blog adalah mobile device (HP). Kode m=0 artinya Desktop atau Laptop, meskipun kode ?m=0 tidak muncul di Desktop.

Nah melalui artikel ini, saya akan memberikan tutorial solusi memperbaiki dan mengatasi masalah redirect m=1 saat migrasi dari blogger ke wordpress tanpa kehilangan trafik dan artikel. Lalu bagaimana caranya, langsung saja simak pada berikut ini.

Mengatasi Redirect m=1 Blogger di WordPress Dengan Mudah

  • Silahkan login terlebih dahulu di wordpress anda, sebelum kita mendirect secara otomatis m=1 menjadi tanpa redirect mobile ini.
  • Kemudian anda tambahkan kode berikut ini tepat diatas kode <!DOCTYPE html> yang ada pada themeheader.php atau sejenisnya. Biasanya namanya berbeda-beda tergantung webmaster yang membuat theme tersebut.
<?php
$request_url = $_SERVER['REQUEST_URI'];
$info = pathinfo($request_url);
if (isset($info['extension']) && $info['extension'] == 'html?m=1'){
wp_redirect(get_site_url() . $info['dirname'] . '/' . $info['filename'] . '/',301);
exit;
}
?>
  • Jika anda tidak megetahui letak themeheader.php ini silahkan masuk ke menu appereance > editor > kemudian pilih theme header lalu tambahkan kode diatas dan simpan.

 Demikianlah bagaimana cara menghilangkan Redirect Mobile M=1 saat migrasi dari blogger ke wordpress agar artikel tidak not found 301.


Solusi Mengatasi Redirect Mobile M=1 Ketika Migrasi Ke WordPress | Akirra Lee | 4.5

5 responses to “Solusi Mengatasi Redirect Mobile M=1 Ketika Migrasi Ke WordPress”

  1. Arief says:

    kok punya saya kalau diakses dari mobile ada yang ke home page ya mas, mohon bantuan dan pencerahnnya

  2. blidee1994 says:

    Linknya masih hidup gak gan? kalau udah 404 biasanya sih di bawa ke homepage.

  3. Arief says:

    Linknya sebenarnya masih hidup, hanya saja ketika diakses dengan embel-embel m1 maka otomatis halaman tidak ditemukan, karena sudah saya set ke homepage jika tidak ditemukan, gimana caranya agar ketika pengunjung mengakses url yang ada html?m=1 otomatis redirect ke versi yang terbaru tanpa html?m=1, padahal linknya hidup karena setelah dicoba dihilangkan ?m=1 langsung otomatis ke link yang baru

  4. blidee1994 says:

    biasanya sih berpengaruh ke link mati om, kalau linknya mati maka otomatis juga gak bisa diakses. Nah kalau link nya berubah kan otomatis juga di mesin pencarian berubah jadi link lama itu bakal mati om. Coba deh di cek dlu saya juga pernah begitu, namun saya ganti dengan permalink lama karena banyak permalink baru yang diupdate.

  5. andy says:

    Its work..thanks gan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.