Cara Mengatasi ‘Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti’ di Android 100%Work

Posted on 6 views

Mediababe.net – Cara memperbaiki masalah mengenai “Sayangnya, aplikasi telah berhenti” pada android dengan mudah. Masalah ini sering sekali ditemui oleh pengguna smartphone khususnya pengguna sistem operasi android.  Gejala masalah android tentang pesan sayangnya aplikasi telah berhenti ini membuat aplikasi tertutup dengan paksa atau disebut juga dengan force close setelah itu aplikasi akan tiba-tiba memunculkan pesan tersebut.

Pengalaman saya menemukan kendala seperti ini adalah ketika saya menginstall sebuah game online di smartphone beberapa hari yang lalu. Nah pada saat itu saya membuka aplikasi game online tersebut dengan menggunakan koneksi yang bisa dibilang lambat atau lemot yang pada akhirnya membuat aplikasi game itu menjadi tertutup dengan paksa dan meninggalkan pesan berupa pop-up dimana pesan ini berisikan tulisan “Sayangnya, Aplikasi ini telah berhenti” atau dalam bahasa inggrisnya “Unfortunately, App Has Stopped”.

Nah sebelum kita mengatasi kendala hal ini, maka dalam artikel kali ini saya akan memberikan penyebab aplikasi berhenti secara tiba-tiba di hp android. Simak penyebab aplikasi android force close tiba-tiba pada berikut ini.

  1. RAM Android Penuh. Smartphone saya sendiri memang memiliki kapasitas RAM yang tidak begitu besar, hanya 512 MB. Inilah yang menyebabkan Aplikasi terkadang sering kali “Force Close” secara tiba – tiba. RAM Android saya memiki kapasitas yang besar, tapi juga mengalami Force Close? RAM yang besar juga dapat mengalami masalah yang sama, hal ini mungkin disebabkan karena banyaknya aplikasi yang berjalan di balik layar background.
  2. File Cache Yang Menumpuk. File cache atau file sementara yang tidak pernah dihapus dapat mengakibatkan aplikasi serasa berat dan lemot. Dari lemot tersebutlah mengakibatkan aplikasi menutup secara tiba – tiba.
  3. Koneksi Internet Lemot atau Putus. Seperti halnya game online atau streaming video tentunya membutuhkan koneksi internet yang cepat. Dan apabila koneksi Internet seperti keong maka dapat menyebabkan Aplikasi berhenti secara tiba – tiba. Saya sendiri juga pernah mengalami masalah yang sama.
  4. Aplikasi Kurang Begitu Kompatibel. Aplikasi yang kurang begitu kompatibel atau aplikasi yang tidak cocok dari Segi sistem dan hardware android dapat menyebabkan aplikasi error atau berhenti tiba – tiba. Misalnya aplikasi A hanya kompatibel pada Android versi Lollipop (5.0) kemudian anda paksa untuk install pada Android versi kitkat (4.4) maka terjadilah penolakan dari sistem android yang mengakibatkan aplikasi sering error, berhenti tiba – tiba, tidak bisa dibuka, dst.

Mengatasi Aplikasi Android Berhenti Secara Tiba – Tiba

Diatas adalah beberapa penyebab yang membuat aplikasi di hp android menjadi berhenti secara paksa. Solusi yang bisa anda lakukan mengenai masalah munculnya pesan error bertuliskan “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” atau “Unfortunately, App Has Stopped” adalah mengikuti langkah-langkah tips yang saya berikan pada berikut ini.

1. Hapus Cache Aplikasi

Solusi pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan menghapus cache semua aplikasi Android. Gunakan aplikasi Clean Master, CClenar, atau aplikasi semacamnya. Aplikasi – Aplikasi tersebut dapat menghapus tumpukan cache Android dengan mudah dan cepat. Dan Apabila file cache android telah anda bersihkan. Cobalah untuk restart dan buka aplikasi yang error tersebut, semoga nantinya tidak terjadi masalah lagi. Untuk membersihkan file cache aplikasi, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

2. Menghapus Data Aplikasi

Selanjutnya metode kedua yang bisa anda coba yakni menghentikan dan menghapus data aplikasi. Cara ini biasanya ampuh dalam mengatasi aplikasi yang macet ataupun error, terutama muncul pesan seperti penjelasan di atas. Adapun menghapus data aplikasi akan menghilangkan data yang bersifat sementara seperti basis data, file sampah atau cache, history, bookmark, data login, dan sebagainya. Namun perlu anda ingat cara ini bukan menghapus aplikasi, tetapi hanya menghapus data aplikasi saja. Dan untuk melakukannya, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.


Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Semua » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

3. Memperbarui atau Mengupdate Aplikasi

Untuk metode ketiga yang bisa anda coba yakni meng-update aplikasi. Cara ini akan menghilangkan bugs atau kerusakan yang terjadi pada aplikasi yang error tersebut. Untuk update aplikasi, pastikan koneksi internet anda lancar. Anda bisa update aplikasi langsung dari Google Play Store. Jika misalnya anda mendapatkan masalah pada aplikasi BBM, maka anda bisa masuk pada Google Play Store dan Update aplikasi BBM. Hal ini berlaku pada aplikasi lain seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, Telegram, dan aplikasi – aplikasi lainnya.

4. Menginstall Ulang Aplikasi

Jika masalah pada aplikasi yang anda miliki saya serius, maka mau tidak mau anda harus hapus aplikasi tersebut dan ganti dengan yang baru. Cara ini sudah menjadi cara pasrah dalam mengatasi aplikasi yang error atau bermasalah. Dan kebanyakan pasti berhasil, karena sudah diganti dengan yang baru. Tetapi setelah anda menghapus aplikasi, pastikan anda juga membersihkan file sampah dan me-restart smartphone. Untuk menghapus data aplikasi, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Metode 5 : Factory Reset

Apabila semua cara – cara diatas tidak berhasil mengatasi aplikasi yang macet, error, dan lainnya. Maka langkah terakhir yang bisa anda lakukan yakni factory reset. Sebenarnya ini bulankan cara terbaik, karena semua data anda akan hilang dan smartphone akan kembali pada posisi awal. Sebelum anda factory reset, pastikan anda melakukan backup pada semua data yang anda simpan, terutama foto, video, aplikasi, dan dokumen. Untuk melakukan factory reset, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, semoga smartphone dan tablet android anda bisa normal kembali dan bisa digunakan untuk beraktifitas seperti biasanya. Memang tidak bisa dikatakan 100% berhasil, namun setidaknya anda coba terlebih dahulu, dan nantinya anda bisa lihat hasilnya. Apabila anda yang kurang di mengerti, anda bisa contact saya melalui fanspage facebook, siapa tahu nantinya saya bisa bantu.

baca juga.

Cara ganti Font di Hp Xiaomi MIUI 8 Tanpa Root 100% Working

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti Tiba – Tiba Dan Force Close Di Smartphone Dan Tablet Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar atau hubungi melalui fanspage facebook NGAWI DIAN. Terima kasih dan selamat mencoba!!


Leave a Reply

Your email address will not be published.