Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine

Mediababe.net – Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine di windows 7, 8 dan windows 10 dengan mudah. Pernah mengalami gejala seperti ini pada pc atau laptop anda? Kendala ini sering sekali ditemui oleh penggunakan sistem operasi windows terutama pada windows 7. Perlu anda ketahui disini bahwasanya Windows Script Host atau WSH ini merupakan sebuah fitur bawaan dari microsoft sendiri untuk pelaksanaan script pada komputer anda seperti Java atau VB. Jika WSH ini terus aktif secara default, WSH memungkinkan administrator sistem untuk mengotomatisasi sejumlah proses pada sistem Windows melalui script misalnya seperti jaringan drive dan koneksi printer.

Ketika WHS ini dalam keadaan nonaktif (mati) atau disable pada pc anda, maka akan secara otomatis sistem operasi windows anda akan memunculkan pesan eror yang bertuliskan “script host run.vbs” dan atau pesan erorr seperti ini “error script host access is disabled on this machine” nah kurang lebih seperti itu pesan erorr (error message) yang akan muncul di windows 7.

Windows Script Host (WSH) adalah teknologi Microsoft yang memiliki kemampuan scripting seperti file batch, tetapi memiliki lebih banyak fitur. Script tersebut dijalankan langsung dari desktop dengan klik dua kali file script atau melalui command prompt atau biasa disebut CMD. Jadi hal itulah yang menjadi alasan mengapa selalu keluar message/pesan error “windows script host access is disabled on this machine”.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah Windows Script Host Access is Disabled di windows 7-10? Mari kita simak pada berikut ini.

Cara Memperbaiki Error Message Windows Script Host Access is Disabled on This Machine

Di bawah ini adalah sedikit tips untuk mengatasi masalah serupa seperti masalah yang saya temui di windows 7 dengan mudah. Masalah ini sering ditemui apabila anda menggunakan antivirus seperti smadav.  Smadav memang sudah disetting secara default saat di install di komputer/pc anda. Jadi kemungkinan smadav telah menonaktifkan WSH ini, jadi sobat harus mengaktifkannya lagi.

Pengguna Smadav :

1. Klik pada pojok kanan bawah, maka akan muncul berbagai icon-icon yang berjalan di belakang layar termasuk icon Smadav, untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini.


mengatasi error message windows script host

2. Lalu klik kanan pada icon Smadav. Maka akan muncul berbagai pilihan, selanjutnya pilih Allow Windows Script & Macro (Forever). Lihat gambar nomor 1 diatas.

3. Maka akan muncul notifikasi seperti gambar dibawah ini, langsung saja klik OK.

4. Lalu lanjutkan menjalankan script yang ingin anda buka tadi. Jika belum bisa lanjut ke tutorial berikutnya.

Menggunakan Regedit :

windows script host

  • Buka Run dengan cara menekan logo windows + R pada keyboard secara bersamaan.
  • Ketikan Regedit. Jika windows meminta akses kepadamu klik ok/yes.
  • Ikuti dan buka alamat ini : HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows Script Host\Settings.
  • Di menu Setting klik kanan lalu pilih New.
  • Pilih DWORD (32) bit Value.
  • Beri nama Enabled
  • Klik kanan pada nama Enabled tersebut lalu pilih Modify.
  • Pada Value data, ganti angka 0 menjadi angka 1.
  • Restart Windows.
  • Selesai.

Semoga dengan adanya cara diatas, sobat bisa menyelesaikannya dengan baik dan benar, saya sendiri juga telah mencobanya dan berhasil. Jika masih ada kegagalan atau ada hal lain yang ingin ditanyakan, langsung tanyakan saja di kolom komentar dibawah jangan malu-malu.


Gambar Gravatar
Seseorang yang malas, suka tidur molor pengen sukes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *