5 Cara Mudah Mengembalikan Sinyal 4G Xiaomi yang Hilang

Mediababe.net –  Informasi lengkap mengenai Cara Mengembalikan Sinyal 4G Xiaomi yang Hilang. Karena banyaknya pilihan smartphone yang murah dan terjangkau apalagi tidak menguras kantong serta dibekali dengan spesifikasi yang begitu memukau, banyak orang yang tertarik dengan smartphone murah bersahabat salah satunya keluaran brand terbaru smartphone yakni Xiaomi. Bahkan ada yang sampai membelinya walaupun tidak tersedia secara resmi di Indonesia. Namun, beberapa pengguna smartphone Xiaomi mengeluh masalah konektivitas 4G-nya yang hilang. Entah karena ada masalah pada ponsel itu sendiri atau setelah melakukan update ROM.

Lantas bagaimanakan kiat-kiat cara mengembalikan sinyal 4G yang hilang di HP Xiaomi tersebut? Beberapa waktu lalu, Xiaomi secara bertahap melakukan update ROM besutannya yaitu ROM MIUI untuk pengguna di Indonesia. Namun karena terkendala oleh TKDN, Xiaomi menghilangkan dukungan konektivitas 4G di Indonesia pada update ROM terbarunya. Hal ini membuat para pengguna ponsel Xiaomi yang melakukan update merasa kesal. Untuk mengatasi masalah tersebut langsung saja kita akan membahas cara mengatasi sinyal 4G Xiaomi yang hilang. Silahkan anda simak dan pratekan atau uji coba caranya pada berikut ini.

Cara Mengembalikan Sinyal 4G Xiaomi yang Hilang

Cara Mengembalikan Sinyal 4G Hilang di Xiaomi

1. Ubah Locale ke Malaysia

Cara mengaktifkan jaringan 4G diponsel Xiaomi yang pertama adalah Anda bisa mencoba misalnya pada Xiaomi Redmi 3 Pro yaitu dengan mengganti Locale-nya ke Malaysia. Caranya, Anda masuk ke menu “Settings » Additional Settings » Locale”, lalu ubah menjadi Malaysia. Setelah selesai, silakan aktifkan Airplane Mode atau mode pesawat. Lalu non-aktifkan kembali, setelah Airplane Mode dinon-aktifkan maka jaringan 4G Anda akan kembali muncul.

2. Gunakan Kode Khusus

Jika cara pertama masih gagal, Anda tidak perlu khawatir. Masih ada cara lain yang bisa Anda coba untuk mengembalikan sinyal 4G pada ponsel Xiaomi yang hilang, yaitu dengan menggunakan kode.

  • Terlebih dahulu copot SIM Card yang ada diponsel Xiaomi Anda. Karena smartphone Xiaomi dibekali Dual SIM. Copot semua SIM Card jika Anda menggunakan dua-duanya
  • Masuk ke Phone Dialer atau aplikasi yang belogo telepon, lalu tekan *#*#4636#*#*
  • Selanjutnya pilih Phone Info 1, lalu pilih Set Preferred Network Type
  • Kemudian silakan Anda pilih pengaturan CDMA Only
  • Lalu, silakan masukkan kembali SIM Card Anda. Sebaiknya Anda masukkan 1 SIM Card terlebih dahulu yang sudah mendukung 4G). Jika sudah, masuk ke menu “Settings » SIM Card and Mobile Network » Prefered Network” lalu pilih “Global” atau “Prefered 4G (CDMA)”
  • Dalam beberapa kejadian, saat memilih Global ternyata jaringan 4G-nya tidak muncul, sebaiknya Anda langsung pilih Prefered 4G (CDMA)

Note*:


  • Global = kartu SIM bisa akses 4G, telepon dan SMS.
  • Prefered 4G/Prioritas 4G (CDMA) = Kartu SIM hanya bisa akses internet memakai 4G saja, tidak bisa untuk sms dan telepon.

3. ROM MIUI 8

Khusus bagi peengguna yang baru saja melakukan upgrade ke MIUI 8, cara mengembalikan sinyal 4G  Xiaomi adalah sebagai berikut:

  • Lepas SD Card, untuk lebih aman Anda buka “Pengaturan » Penyimpanan” lalu scroll kebawah di menu “SD Card” kemudianpilih “Lepaskan peyimpanan bersama” pilih OK.
  • Siapkan SIM Ejector/alat untuk membuka SIM Card.
  • Masukkan SIM Ejector ke SIM tray, jangan dilepas. Biarkan saja yang penting SIM tidak terdeksi.
  • Masuk ke “Pengaturan » Info Memori Internal” tap 5x atau lebih lalu pilih “Phone Information 1”.
  • Pilih CDMA Only, kembali ke Pengaturan pilih Kartu SIM dan Jaringan Seluler.
  • Masukkan SIM Card-nya kembali lalu tekan lagi SIM traynya hingga SIM terbaca oleh ponsel.
  • Pilih nama jaringan SIM 1, lalu pilih tipe jaringan prioritas, selanjutnya pilih global/semua.
  • Tunggu hinggan jaringan 4G muncul.

Note*:
Jika ponsel Anda di reboot atau di restart maka akan kembali ke semula (tidak bisa memakai 4G). Jika Anda mau memakai 4G ulangi langkah-langkah diatas.

4. Factory Reset

Cara ketiga untuk mengembalikan jaringan 4G yang hilang yaitu dengan mengembalikannya ke setelan pabrik, caranya adalah Anda buka “Pengaturan/Settings » Setelan Tambahan » Scroll” ke paling bawah dan pilih “Buat Cadangan dan Setel Ulang” pilih Kembalikan ke setelan pabrik. Yang perlu Anda tahu cara ini dapat menghapus semua data diponsel Anda, seperti akun, file, aplikasi dan yang lainnya seperti Anda baru membelinya. Saya sarankan untuk melakukan Backup terlebih dahulu. Lalu pada saat pertama kali dihidupkan, ubah Locale ke Malaysia atau Singapura, yang penting jangan pilih Indonesia.

5. Downgrade Versi MIUI

Jika cara di atas tidak berhasil, maka Anda bisa mencoba cara yang terakhir yakni downgrade ke versi MIUI sebelumnya. Kalau Anda mau jaringan 4G-nya permanen silakan downgrade versi MIUI-nya ke MIUI 7 versi 7.3.2.0 kebawah, karena versi tersebut merupakan 4G permanen. Tetapi risikonya semua data Anda akan terhapus, disarankan untuk melakukan Backup terlebih dahulu.

Demikianlah sedikit ulasan singkat mengenai bagaimana cara mengembalikkan jaringan 4G yang hilang di Xiaomi, semoga dapat membantu dan jangan lupa untuk terus mengunjungi blog ini. Terima kasih.

Baca juga:

Tips Memperkuat dan Meningkatkan Jaringan Sinyal 4G LTE

Tips Cara Mengecek Nomor XL 4G LTE Dengan Mudah

Cara Mudah Upgrade Kartu Tri (3) ke 4G Via Online & Sms


5 Cara Mudah Mengembalikan Sinyal 4G Xiaomi yang Hilang | Akirra Lee | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published.