Beginilah Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Bisa di Format

Mediababe.net – Mau tau tips bagaimana cara memperbaiki flashdisk yang tidak bisa di format dengan mudah? Pastinya semua orang mengetahaui apa flashdisk, flashdrive atau USB. Nah, USB Flasdisk merupakan media penyimpanan yang paling banyak dipilih orang karena fungsinya atau kegunaanya yang sangat mudah digunakan, dan bentuk yang relatif pelosok sangat memudahkan kita didalam membawanya. Selain itu, saat ini banyak sekali jenis varian Flashdisk yang ditawarkan, mulai dari jumlah kapasitas, dan juga bentuk yang semakin bervariasi dan dapat dikatakan untuk menjadi unik. Dengan semua kenyamanan dan kemudahan yang ditawarkannya, membuat flashdisk sebagai salah satu kebutuhan yang harus kita punya, terutama untuk mahasiswa seperti saya, atau pekerja kantor yang membutuhkan data yang tinggi mobilitas akses.

flasdisk

Akan tetapi seringkali juga kita menghadapi masalah pada flahdisk kita. Kita sering mengalami masalah termasuk flash disk terserang virus, file – file dalam flahdisk tiba-tiba terhidden, atau flashdisk mungkin tidak bisa diformat karena suatu hal. Nah melalui artikel kali ini saya akan mengangkat tentang flashdisk tidak bisa diformat. Tujuan dari memformat flashdisk USB adalah untuk menghapus semua data yang terkandung di dalamnya, atau untuk membersihkan virus – virus yang bersarang di dalamnya. Baik kali ini saya akan mencoba memberikan sedikit tips untuk memperbaiki flashdisk yang tidak dapat diformat. Tips ini dapat dilakukan pada komputer yang menggunakan windows Xp, 7 atau 8 sistem operasi.

Langkah Mengatasi USB Flashdisk Tidak Bisa di Format

Cara pertama yang dapat dipilih untuk memperbaiki flashdisk yang tidak bisa diformat adalah sebagai berikut :

  • Tancapkan flashdisk ke dalam port USB yang ada pada laptop atau komputer anda.
  • Klik start, kemudian pilih RUN, atau bisa juga dengan menekan tombol ( Windows + R ) dan kemudian ketikkan compmgmt.msc

Langkah 1

  • Setelah itu akan muncul program dengan nama Computer Management seperti pada gambar di bawah ini.

Langkah 2


  • Selanjutnya pilih menu Storage yang berada di bar sebelah kanan.
  • Pada langkah ini flashdisk anda akan terdeteksi.
  • Pada flashdisk yang terdeteksi, misalnya pada drive letter ( I: ) klik kanan dan kemudian pilih “create partition” dan klik kana lagi lalu “format”. Pada windows 7 dapat langsung memilih pilihan “format” setelah mengklik kanan flahdisk yang terdeteksi.

Langkah 3

  • Tunggu beberapa saat, dan proses format flashdisk anda sudah selesai.

Jika cara pertama yang saya berikan tidak mampu memecahkan masalah pada flashdisk usb Anda, maka anda juga dapat menggunakan cara kedua. Cara kedua dilakukan jika flash mengalami masalah write-protected, hal yang menyebabkan flashdisk anda terkena kendala seperti write protected adalah karena flash sering terputus atau dicopot tanpa pandang bulu. Maksudnya adalah mengeluarkan flashdisk tanpa melakukan eject pertama mengeluarkan atau safety remove flashdisk. Untuk itu disarankan untuk eject atau mencabut flash setelah selesai melakukan kegiatan aktivitas kirim mengirim file di komputer. Untuk memecahkan masalah, kita dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Tancapkan flashdisk ke dalam port USB yang ada pada laptop atau komputer anda.
  • Klik start, kemudian pilih RUN, atau bisa juga dengan menekan tombol ( Windows + R ) dan kemudian ketikkan regedit

Langkah 4

  • Pada bagian ini, anda akan diarahkan ke menu registry editor.
  • Selanjutnya adalah tekan ( Ctrl + F ) dan ketikkan “write protected” tanpa tanda petik tentunya, dan tekan Enter. Tunggu proses searching pada registri berjalan, biasanya memakan waktu lumayan lama, tetap tunggu dengan sabar ya, hehehe :D.

Langkah 5

  • Setelah menemukan keterangan “write protected” segera hapus dengan cara klik kanan kemudian pilih menu hapus.
  • Apabila muncul dialog konfirmasi, klik Ok.
  • Dengan begini maka kode “write protected” sudah terhapus dan seharusnya flashdisk sudah dalam keadaan semula dan bisa digunakan.
  • Jangan lupa tutup dialog registri editor, cabut flashdisk, lalu restart laptop atau komputer yang tadi anda gunakan.

Nah demikianlah sedikit tentang bagaimana cara mengatasi flasdisk yang tidak bisa di format, dari pengalaman yang saya dapatkan seharusnya anda sudah bisa menggunakan flashdisk seperti sediakala. Namun apabila kendala ini belum bisa diatasi maka harus mencoba menggunakan bantuan pihak kedua, yaitu dengan menggunakan software. Untuk solusi dengan menggunakan bantuan software, mungkin dapat dibahas di lain waktu saja.


Beginilah Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Bisa di Format | Akirra Lee | 4.5

Comments are closed.