Sebelum Membeli Kamera Digital Kenali Pengertian, Komponen, dan Jenisnya

Posted on 2 views

Mediababe.net – Kamera digital sendiri memiliki pengertian sebagai alat yang digunakan untuk membuat gambar dengan objek bidikan yang dihasilkan dari sebuah lensa pada sensor. Nantinya hasil bidikan tersebut akan direkam pada format digital dan diolah kedalam sebuah media simpanan yang telah disediakan.

Untuk saat ini, gambar yang dihasilkan oleh sebuah kamera digital memang tidak bisa dilihat langsung dalam bentuk cetakan namun sudah bisa dilihat pada hasil jepretan yang ada pada layar LCD. Kemudahan dari kamera digital sendiri adalah dapat menghasilkan gambar secara instan dan dapat dipindahkan hasilnya dengan mudah baik melalui smartphone ataupun pada komputer Anda.

Cara penggunaannya kamera digital ini juga cukup mudah. Dengan hanya mempelajari beberapa fungsi tombol dan beberapa komponen yang ada, Anda sudah dapat menggunakan kamera digital tersebut. Adanya bantuan dari orang lain atau petunjuk yang ada pada kemasan saat pembelian, juga akan memudahkan Anda ketika akan menggunakannya.

Komponen umum yang ada pada kamera digital

Walaupun penggunaannya cukup mudah, namun Anda juga perlu mengetahui komponen apa saja yang ada pada kamera digital. Berikut ini akan dijelaskan komponen umum yang biasa ada dalam sebuah kamera digital modern.

  • Sensor Kamera

Komponen yang ada pada sebuah kamera digital salah satunya adalah sensor kamera. Sensor kamera ini digunakan untuk menangkap gambar yang bisa juga disebut CCD (charged coupled device) yang terdiri dari jutaan piksel yang menentukan hasil gambar bidikan objek yang diambil. Letaknya adalah tepat dibelakang lensa dengan bentuk berupa chip kecil. Meskipun sensor kamera mempengaruhi kualitas gambar, namun pada dasarnya kualitas gambar sendiri ditentukan oleh tiga hal yaitu kualitas sensor, prosesor, serta lensa kamera.

  • Layar LCD

Ada layar lcd yang termasuk komponen di kamera digital. Layar LCD digunakan untuk melihat pengaturan kamera dan juga sekaligus melihat hasil bidikan gambar secara langsung. Sehingga hasilnya bisa langsung dipastikan bagus tidaknya. Untuk saat ini pada kamera digital tidak hanya layar LCD namun sudah menggunakan LED. Dimana layar bisa sekaligus digunakan sebagai pengganti tombol yang sebelumnya tidak ada untuk layar LCD.

  • Memori atau media penyimpanan

Media penyimpan juga merupakan salah satu komponen pada sebuah kamera digital. Dimana media penyimpanan ini bisa berupa memori stick, compact flash, dan beberapa lainnya yang berfungsi untuk menampung hasil gambar dalam jumlah besar sesuai dengan kapasitas yang sudah disediakan pabrikan. Untuk saat ini yang banyak digunakan untuk penyimpanan adalah secure digital card.

  • Megapixel

Istilah megapixel atau biasa disingkat MP ini merupakan sebutan lain dari ukuran resolusi gambar atau bidikan berupa foto yang dihasilkan oleh kamera digital.

  • Autofocus

AF atau autofocus merupakan salah satu fitur yang digunakan oleh pengguna untuk mengatur objek dengan efek yang bagus. Bidikan atau gambar yang difokuskan tersebut nantinya akan terlihat jelas, dan tajam dengan gambar yang tidak difokuskan akan terlihat blur atau hasil gambar yang samar. Untuk pengaturannya sendiri sudah disediakan pada kamera tersebut sehingga penggunaannya juga cukup mudah.

  • Digital Zoom

Istilah digital zoom yang sangat sering digunakan pengguna kamera digital. Fitur ini digunakan bagi pengguna yang menginginkan objek gambar terlihat lebih besar untuk alasan tertentu misalkan objek yang ingin diambil terlihat jauh dan tidak jelas yaitu dengan menambah ukuran pixel pada bagian sensor kamera. Namun penggunaan digital zoom juga akan mempengaruhi kualitas hasil gambar yang tidak begitu bagus.


Jenis-jenis kamera digital yang sering kita jumpai

Jenis kamera

Beberapa jenis kamera digital yang banyak dijumpai dan kita gunakan dengan memiliki ciri khas dan penggunaan yang sesuai kebutuhan kita. Yang sering kita jumpai setidaknya ada tiga jenis yaitu kamera digital pocket atau kamera saku, kemudian ada kamera mirrorless atau kamera lensa non DSLR dan yang terakhir adalah kamera digital SLR (single lens reflect) camera. Berikut ini penjelasan singkatnya untuk Anda:

  • Digital Pocket Camera

Kamera saku digital (digital pocket camera) merupakan jenis kamera digital sederhana yang sangat cocok digunakan untuk pengambilan gambar sehari-hari dengan ukuran yang pasdi saku Anda. kamera saku digital ini memiliki lensa zoom yang dapat ditarik masuk kebagian bodi dan terdapat penutup otomatis untuk menutupi lensa dan melindungi bagian tersebut dari debu dan air.

  • Kamera Digital Mirrorless

Kemudian ada jenis lainnya yaitu kamera digital mirrorless. Kamera jenis ini sebenarnya adalah antara kamera saku digital dengan kamera digital SLR. Saat ini, untuk fiturnya sendiri juga beragam. Namun yang banyak dicari dari kamera jenis ini adalah kualitas zoom yang diklaim 50 kali lipat lebih besar dan memerlukan sistem stabilisasi yang bagus. Sehingga sistem inilah yang tidak dimiliki oleh kamera saku digital dan bahkan lebih unggul daripada kamera DSLR.

Selain itu, image stabilization yang ada pada kamera mirrorless ini juga mampu merekam video dengan kualitas lebih baik dengan bidikan dalam pengambilan foto yang lebih lambat. Namun untuk pengambilan gambar indoor masih sangat terbatas karena pencahayaan sensornya yang kecil. Tapi dengan ISO 200 hingga 400 maka hasil bidikan kamera ini tidak akan terlalu mencolok noisenya sehingga hasilnya juga masih bisa diterima.

  • Kamera DSLR

Kemudian ada kamera DSLR. Kamera ini memiliki lensa tunggal yang menggunakan cermin refleks sehingga dapat memantulkan cahaya ke eye viewfinder. Hasil refleksi cerminnya bisa bergerak dari posisi 45 derajat dari posisi horizontal dan kembali ke posisi awal dengan cepat.

Kamera jenis ini menggunakan jenis sensor yang besar dan akan menghasilkan jumlah pixel yang besar pula, sehingga hasil bidikan gambar juga akan berdiameter lebih lebar. Maka untuk pengambilan gambar dengan minim cahaya pun akan menghasilkan gambar yang memiliki sedikit efek noise atau bercak.

Yang banyak disukai dari kamera DSLR meskipun ukuran kameranya cukup bongsor adalah banyaknya fitur dan juga sensor yang berukuran besar sehingga hasil gambar yang dihasilkan sudah pasti berkualitas bagus. Selain itu, lensa bawaan yang dapat dilepas juga memungkinkan Anda menggantinya dengan kualitas yang lebih baik dengan tambahan biaya untuk membeli lensa yang sesuai kebutuhan Anda.

Salah satu keunggulan dari kamera DSLR ini adalah lensa dari merek lain bisa digunakan menggunakan lensa dari pabrikan yang berbeda, sebut saja DSLR pentax. Kamera DSLR pentax ini dapat digunakan oleh berbagai macam lensa dari merek lain seperti Canon, Fujifilm, Nikon dan lainnya asalkan adaptornya sesuai dengan bentuk lensanya.

Untuk merk kamera digital sekarang ini sangat beragam. Ada beberapa merk yang tidak diragukan lagi dengan kualitas yang bagus. Seperti merek kamera digital canon, Nikon, Fujifilm, Sony, Samsung, Pentax, Olympus, Panasonic, dan masih banyak yang lainnya. Kualitas dan harganya juga sangat beragam.

Untuk membeli kamera digital yang tepat Anda harus memahami dulu jenis kameranya dan untuk apa penggunaannya. Itu semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda. Jika hanya untuk sekedar foto sehari-hari, maka kamera digital pocket juga bisa Anda gunakan. Namun jika untuk keperluan yang lebih kompleks dan profesional, maka kamera DSLR bisa menjadi pilihan untuk Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published.