Cara Membuat Partisi Hardisk Dengan Diskpart di Windows 7, 8, 10

Mediababe.net – Cara Membuat Partisi Hardisk Dengan Diskpart di Windows 7, 8, 10 – Setiap pengguna sistem operasi windows atau sistem operasi lainnya pastinya kita mempunyai pilihan mutlak untuk membuat partisi hardisk guna untuk merapikan data agar tersusun dengan indah dan mudah untuk dicari selain itu hal ini juga memudahkan kita memanage data-data yang ada. Sehingga dengan begitu data-data akan tertata rapi, misalnya terpisah dengan partisi sistem, atau jika ingin membuat dual boot juga perlu membuat partisi.

Sebenarnya ada cara mudah untuk membuat partisi hardisk yaitu dengan cara menggunakan Disk Management. Namun tahukah anda, selain menggunakan disk management anda juga bisa membagi partisi hardisk eksternal maupun internal dengan menggunakan Command Prompt (berbasis teks) bagi anda yang menggunakan sistem operasi windows xp 7, 8, 8.1 maupun windows 10. Nah berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu anda lakukan untuk membuat partisi hardisk di windows.

baca juga Cara Membagi Partisi Hardisk Windows 8/8.1

Cara Membagi Partisi Hardisk Menggunakan Diskpart

Silahkan anda buka Command Prompt (as Administrator), kemudian untuk membuka utility diskpart, ketiklan diskpart.

Setelah itu untuk menampilkan partisi yang tersedia ketiklah perintah list volume.


Selanjutnya ketiklah select volume X. Di mana X tergantung pada partisi yang akan dialokasikan untuk partisi yang baru. Kemudian untuk melihat size maksimum yang dapat di shirnk anda ketikkan perintah shrink querymax atau bisa juga laangsung membuat partisi dengan ukuran query maksimal dengan cara mengetikkan perintah shrink.

Apabila ingin membuat ukuran yang lebih spesifik, andda dapat mengetikkan perintah shrink desired=X. Dimana X itu value dari ukuran yang kita inginkan.

simak juga Inilah Tips Cara Mencari Driver Hardware yang Tidak Terdeteksi

Sesudah itu tutuplah jendela Command Prompt kemudian buka disk management. Maka akan ada partisi unallocated dengan size yang telah ditentukan sebelumnya. Buatlahsample volume seperti biasanya (ikuti perintah wizard sampai selesai) dengan cara seperti itu maka partisi baru akan berhasil anda buat.

Harus tau 2 Cara Membuat ShortCut PING Otomatis Sederhana

Cara Membuat Partisi Dengan Diskpart di Windows 10

Demikianlah sedikit ulasan singkat mengenai bagaimana Cara Membuat Partisi Dengan Diskpart di Windows 7 , 8 dan 10. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Cara Membuat Partisi Hardisk Dengan Diskpart di Windows 7, 8, 10 | Akirra Lee | 4.5

Comments are closed.