Tips Cara Mengatasi Charger Handphone yang Rusak atau Tidak Berfungsi

Mediababe.net – Tips Cara Mengatasi Charger Handphone yang Rusak atau Tidak Berfungsi. Ketika ada tanda merah di notifikasi status baterai pada ponsel, menandakan bahwa baterai harus dicharge / dilakukan pengisian kembali. Tetapi tiba -tiba status baterai menunjukkan tidak adanya penambahan daya yang masuk dan masih 0 – 5 % terisi. Hal ini merupakan masalah yang banyak orang tanyakan kepada saya tentang casan yang tidak berfungsi atau charging menjadi lambat. Karena kurangnya pengetahuan yang dimiliki pengguna, otomatis hp kalian langsung di bawa ke service center untuk perbaikan dan perawatan.

mengatasi charger hp android yang rusak

Charger adalah alat untuk melakukan pengisian ulang daya ke baterai yang terpasang di handphone dengan berkinerja dengan sistem sebagai navigator untuk status jumlah yang penuh dan diindikasikan dengan persentase. Jika baterai HP anda sudah 100 % artinya sudah penuh, dan charger harus dicabut dari sumber tegangan listrik agar baterai tidak bocor atau rusak.

Beberapa jenis port charger berbeda-beda fungsi dalam beberapa produk seperti Samsung, Blackberry, Nokia, Esia, HTC, Smartfren, LG, dll. Misalnya jenis / tipe Charger USB 4 Port (MULTI) cocok untuk PDA, IPOD, IPHONE, PDA Phone, Blackberry, DOPOD, MP3, MP4, MP5, dll. Arus 5 V (2 Amp). Dapat digunakan bersamaan langsung ke 4 port USB-nya. Sangat cocok untuk anda yang punya berbagai macam perangkat yang memerlukan banyak colokan USB. Merk “EVERYTHING POD” juga.

Penyebab Charger Handphone Rusak / Tidak Berfungsi / Lama Penuh

  • Port yang kotor atau berkarat sehingga menyebabkan konektivitas arus listrik tidak masuk dengan lancar.
  • Kabel Charger yang terkelupas atau terputus.
  • Di dalam ujung charger yang berbentuk kotak, terdapat plat yang patah atau miring. Coba anda gerak-gerakan charger anda bunyi atau tidak.
  • Salah memasang baterai pada perangkat handphone.
  • Baterai yang anda beli tidak original sehingga jumlah Volt tegangan dan besaran Ampere tidak sesuai dengan tipe hp yang anda miliki.

Identifikasi Masalah Yang terjadi :

Mungkin handphone android anda tidak mengecas sama sekali ketika dicolokkan ke listrik, atau dicolokkan tapi daya nya hilang tidak ter-charge, atau mencasnya sangat lambat / slow charging, yang terkadang justru lebih cepat habisnya ketimbang di cas nya. Masalah baterai seperti ini cukup umum terjadi, beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki baterai tidak mau di charge akan saya jelaskan dalam tips and trick ini.

Tips Mengatasi Charger Handphone yang Tidak Berfungsi

  1. Periksa slot positif dan negatif baterai dengan menggunakan alat multi tester. Lakukan kalibrasi sesuai dengan pedoman yang ditentukan.
  2. Gunakan Kabel Data USB untuk charger.
  3. Tukar Kabel Charger atau Adapter nya dan test di handphone lainnya
  4. Perbaiki dan bersihkan port yang rusak secara fisik atau kotor bahkan berkarat karena jarang digunakan. Pakailah tusuk gigi atau peniti kecil yang bersih.
  5. Charger lah dari dinding listrik tanpa jembatan penghubung listrik lainnya
  6. Ganti baterai anda dengan baterai lainnya yang sama tipenya.

Ada beberapa alasan yang bisa terjadi saat ponsel anda mati, power mati/hidup, atau tidak mengisi daya baterai dengan benar. Berikut adalah beberapa hal yang dapat anda periksa apakah ponsel anda memiliki daya atau masalah pengisian daya.

Simak juga: Cara Mengatasi Baterai di Cas Malah tidak Penuh Atau Full 100% Work

Mati Total

Tidak hidup atau mati total dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti baterai rusak atau mati, tampilan
layar cacat atau rusak, dan/atau akibat kerusakan fisik atau cairan pada beterai atau ponsel.

1. Segera periksa untuk melihat apakah ponsel itu sendiri setidaknya mencoba untuk hidup.
Untuk melakukan hal ini tekan dan tahan tombol power selama 5-10 detik. Apakah pada layar ponsel muncul logo atau error tetapi tidak ada perubahan? Hal ini menunjukkan adanya masalah pada software atau internal hardware pada ponsel.


2. Apakah anda mendengar suara dari ponsel? Apakah ponsel bergetar? Apakah tombol keypad menyala?
Apakah layar berkedip atau lampu menyala? Jika salah satu dari hal-hal tadi mucul maka hal ini menunjukkan bahwa ponsel hidup dan masalahnya pada layar itu sendiri yang rusak.

3. Jika sampai sejauh ini tidak ada respon dari unit, coba hubungkan kembali charger ke pon
sel dan lakukan seperti langkah sebelumnya. Jika hasilnya tetap sama maka masalahnya tetap merujuk pada layar. Jika ponsel hidup dan tampilan layar menyala, maka hal ini menunjukkan masalahnya ada pada baterai.

4. Jika anda tidak berhasil setelah melakukan langkah-langkah diatas, masalahnya bisa dengan ponsel itu sendiri yang mati.

5. Apakah ponsel terlihat memiliki kerusakan pada fisiknya, retak pada layar atau display dan/atau kerusakan terlihat diarea lain pada ponsel?

Power Mati Hidup

Mati, atau mati hidup beberapa kali dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti baterai rusak, baterai
tidak terhubung dengan benar, masalah pada software, dan/atau ada kerusakan fisik atau kerusakan
akibat cairan pada ponsel dan baterai.

Jika power mati hidup, coba anda buka aplikasi tertentu agar bekerja, atau jika anda tidak menemukan masalah apapun pada hardware, maka hal tersebut dapat disebabkan oleh adanya masalah pada software. Jika anda berfikir bahwa kemungkinan masalah ada pada software, anda bisa mencoba melakukan reset pada ponsel. Pilihan fitur reset biasanya dapat ditemukan pada menu pengaturan. Perlu diingat untuk mem-backup atau menyimpan data pribadi dari ponsel sebelum melakukan reset.

Jika anda mengetahui bahwa ponsel pernah terkena air atau disimpan pada lingkungan yang lembab, maka ikuti tutorial Tips Mengatasi Charger HP yang rusak atau tidak berfungsi ini ya teman. Untuk memeriksa hal ini, buka penutup ponsel bagian belakang dan lepas baterainya. Lihat dan perhatikan bagian berwarna emas pada baterai dan bagian dalam ponsel, apakah terlihat berkarat atau berubah warna? Apakah kondisi baterai anda menggelembung dan membengkak tengahnya? Periksa dengan hati-hati untuk menunjukkan adanya kerusakan akibat cairan pada bagian dalam ponsel dan pada bagian ujung baterai. Biasanya keduanya terletak dekat lempengan emas dikedua tempat. Jika LDIs berwarna putih atau putih dengan pink “x” hal ini berarti tidak ada kerusakan akibat cairan atau kelembapan. Jika salah satu atau keduanya berwarna pink dan berwarna pink atau oranye maka hal tersebut menunjukkan adanya kerusakan akibat cairan atau kelembapan.

Baca juga: 2 Cara Termudah Mengatasi Tombol Power Rusak Tidak Bisa Membuka Layar

Tidak Dapat Mengisi Daya

Ada beberapa alasan mengapa ponsel anda tidak dapat mengisi daya. Mungkin baterai ponsel anda rusak atau tidak berfungsi, charger, port charger pada ponsel rusak, jenis baterai atau charger salah, dan/atau jika charger anda terdiri dari 2 yaitu charger dan kabel data yang mungkin rusak atau adaptor AC tidak bekerja dengan baik.

Tutorial Awal, silahkan lepas baterai dari ponsel dan pastikan dipasang kembali dengan benar dan ganti baterai ponsel dengan jenis yang sama pada ponsel. Penggantian baterai yang tidak sesuai atau baterai tidak dipasang dengan baik dapat menyebabkan masalah pada proses pengisian daya baterai.

Apakah charger yang anda gunakan adalah charger asli merk tipe masing-masing dan/atau charger yang disertakan bersama ponsel? Kami menyarankan menggunakan charger asli untuk memastikan output daya yang tepat untuk baterai.

Apakah charger terdiri 2 bagian yaitu kabel data dan adaptor AD/DC? Jika terdiri 2 bagian, lepaskan kabel data dan pasang salah satu ujungnya ke ponsel dan ujungnya satunya lagi ke port USB komputer. Apakah proses pengisian daya baterai berjalan ketika dikoneksikan ke komputer? Jika baterai ponsel terisi daya ketika ponsel dihubungkan ke komputer dengan hanya menggunakan kabel data, adaptor AC/DC mungkin mengalami kerusakan.

Charger dikoneksikan ke ponsel dengan baik, atau apakah kabel harus ditahan dengan tangan ketika dikoneksikan? Jika kabel tidak dapat dikoneksikan ke port pada ponsel karena lepas atau longgar, kemungkinan slot pada ujung kabel charger rusak.

CATATAN : Jangan gunakan Universal Charger untuk segala macam model Baterai HP !!!
Charger KODOK, Multi konektor dan lainnya akan merusak kapasitas penyimpanan daya yang boleh masuk seperti pada HP NOKIA, SIEMENS, Sony-Eric, SAMSUNG, Motorola, LG, Panasonic, Samsung dll.


Tips Cara Mengatasi Charger Handphone yang Rusak atau Tidak Berfungsi | Akirra Lee | 4.5

Comments are closed.