Cara menghapus memori internal Android

Mediababe.netCara menghapus memori internal Android agar hp android anda lebih fresh dan kapasitas penyimpanannya kembali seperti baru dapat anda lakukan dengan cara beikut ini. Memori internal menjadi tempat penyimpanan utama bagi smartphone android baik itu hp android merk xiaomi, samsung, sony xperia, vivo, oppo, advan, smartfren andromax dll. Di memori internal tersebut tersimpan berbagai jenis file mulai dari data sistem, data aplikasi hingga data pribadi hingga berbagai jenis format file seperti apk, jpg, png, mp4, mp3 dll. Semakin sering Anda menginstal dan menghapus aplikasi tertentu, maka secara otomatis resisual file pun akan tersisa disana. Yang tentu saja salah satunya akan berdampak pada performa dan kinerja smartphone itu sendiri contohnya saja menjadi lelet. Pernahkah Anda menunggu sampai 2 menit hanya untuk membuka aplikasi photo editor? Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Smartphone yang memiliki kinerja cepat saat melakukan berbagai tasking adalah idaman setiap pengguna. Hal ini bisa didapatkan dari seberapa besar RAM yang dimilikinya. Namun meskipun Anda memiliki smartphone dengan ram yang tinggi, jika terdapat banyak file didalam memori internal maka tetap akan menurun kinerjanya. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menambah memori eksternal yakni Micro SD atau menghapus memori internal Android dari file yang sudah tidak terpakai.

Cara Format Memori Internal Android Agar Kembali Lega dan Bersih

cara menghapus memori internal android

Mengosongkan memori internal di android mungkin perlu kita lakukan agar memori fresh kembali dan tidak ada bekas-bekas file lama yang dimana file tersebut mungkin mengandung virus. Namun disarankan sebelum anda menghapus memori internal Android, pastikan anda telah membackup file penting kedalam SD card atau PC.


Simak juga: Solusi Jitu Cara Mengatasi Memori Card (MicroSD) Tidak Terbaca di HP Android

  1. Factory Reset.
    Cara yang palin mudah dan umum untuk dilakukan. Dengan melakukan factory atau hard reset, maka semua file dan data yang ada didalam memori internal Android akan terhapus. Tetapi dengan melakukan cara ini maka semua akun yang ada didalam smartphone juga akan ikut terhapus. Termasuk akun Google, BBM, Line, Facebook dan akun lainnya. Jadi pastikan sebelum melakukan cara ini, backup lah terlebih dahulu ke server dari setiap layanan tersebut agar nantinya semua pengaturan dapat dikembalikan secara otomatis.
  2. Menggunakan Aplikasi Format SD Card.
    Ini adalah salah satu cara membersihkan memori internal android yang paling mudah. Dengan manggunkaan aplikasi ini, anda dapat melegakan internal memori Android tetapi tidak akan menghapus akun yang ada didalamnya. Pertama lepaskan Micro SD kemudian download aplikasi nya di Google Play. Setelah itu, buka aplikasi tersebut kemudian pilih /storage/sdcard0. Terakhir tap tombol Format SD Card. Perhatikan seperti gambar diatas.
  3. Format Memori Internal Android Melalui PC.
    Pertama lepaskan kartu memori eksternal (Micro SD) dari slot smartphone anda. Selanjutnya koneksikan ke PC menggunakan kabel USB dan masuklah kedalam Folder Explorer. Cari nama smartphone anda misalnya “Samsung SM-G531H” kemudian klik kanan, maka akan muncul pilihan Format. Karena PC akan membaca smartphone sebagai Portable Device, tidak semua smartphone akan memiliki pilihan ini.

Baca juga: Cara Memformat Memori SD Card di Android

Demikianlah sedikit ulasan singkat mengenai bagaimana cara menghapus memori internal android. Dengan menggunakan cara diatas maka memori anda akan kembali kosong, atau tidak ada data-data lain selain data pabrik. Semoga bermanfaat.


Cara menghapus memori internal Android | Akirra Lee | 4.5

Comments are closed.