Sebelum Touring, Sebaiknya Inspeksi 7 Item Motor Ini

Touring kini menjadi kegiatan seru diakhir pekan. Sebagian besar pria menganggap touring bersama teman-teman ke suatu tempat dapat melepas penat dan beban pikiran. Namun sebelum berencana touring liburan ke luar kota atau ke tempat rekreasi setempat sebagainya periksa kondisi motor terlebih dahulu.

Biar perjalanan touring lancar, minimal dilakukan service ringan seperti mengganti spare part yang sudah lama agar kegiatan touring bisa berjalan dengan lancar tanpa rasa khawatir takut mogok dijalan.

Baik motor bebek, skutik, maupun sport, penangannya tidak jauh berbeda. Lantas apa saja komponen penting motor yang harus dicek sebelum touring perjalan jauh? Inilah yang anda harus inspeksi terlebih dahulu pada motor anda sebelum melakukan touring bersama teman, keluarga maupun kerabat dekat.

tips touring

Karburator atau Injektor

Peranti ini wajib dibersihkan sebab bila kaburator kotor menyebabkan suplai BBM ke ruang bakar terhambat akibatnya motor yang Anda gunakan bisa mati mendadak. Perbedaan paling siginifikan untuk injeksi terdapat pada saluran bahan bakar setiap 4.000 KM. Pastikan tidak ada kebocoran dengan melihat Malfuncition Indicator Lamp (MIL) tidak berkedip. Tanda tersebut mengartikan bahwa semua fungsi motor normal.

Komstir

Selain karburator, komstir juga wajib Anda periksa agar handling tetap nyaman. Periksa bagian komstirnya, jika motor terasa ‘oblak’ Anda perlu waspada kondisi bearing komstirnya.

Sistem Penerangan


Melakukan perjalanan jarak jauh tentu membutuhkan banyak waktu. Tak jarang para riders memilih perjalanan touring malam untuk menghindari kepadatan kendaraan yang menyebabkan antrian panjang alias macet. Agar perjalanan touring di malam hari Anda tetap aman dan nyaman, perlu diperhatikan headlamp, stoplamp, maupun sein. Pastikan saklar-saklarnya berfungsi normal termasuk klakson motor.

Klep

Bila settingan klep motor renggang maka akan tibul suara nyaring di mesin akibat benturan yang tidak normal antara pantat klep dengan rocker arm. Atur ulang setinggan kerenggan klep dengan menggunakan feeler gauge dan sesuaikan dengan standar pabrik motor pilihan Anda.

CTV

Bila Anda memutuskan untuk touring menggunakan motor matik komponen yang satu ini wajib Anda cek. Sebab sektor CTV memang dirancang khusus untuk motor matik. Cek kondisi roller dan v-beltnya. Bila Anda melihat v-belt sudah retak-retak ebaiknya segara diganti agar tidak cepat putus di pinggir jalan.

Ban

Diantara sekian banyak kompnen yang perlu Anda cek sebelum touring adalah ban. Tekanan ban wajib Anda perhatikan. Apabila ban terlalu kempis membuat Motor menjadi berat dan motor menjadi boros BBM, Terlebih lagi bila Ban sudah botak, Anda wajib segara mengganti ban yang baru sebab ban yang ‘gundul’ sangat membahayakan perjalanan Anda.

Filter Oli

 Item motor yang wajib Anda cek sebelum touring adalah Filter Oli. Peranti ini biasanya sudah tersedia pada motor sport. Filter Oli wajib dicek supaya pelumasan oli ke bagian mesin tetap lancar. Bila sudah usang sebaiknya ganti filter oli yang baru. Filter Oli umumnya digati setiap 2 sampai 3 kali setiap penggantian oli mesin.

Bila sudah memeriksa komponen motor diatas, Anda tidak perlu was-was lagi dijalan. Berbagai komponen motor mudah didapat di MatahariMall. Toko Online ini sudah memiliki produk otomotif yang berkualitas dengan harga yang serba tengjangkau.

Jika sudah mengecek dan mengganti item motor tersebut, tandanya Anda sudah siap untuk touring dengan motor kesayangan Anda. Selain komponen motor pastikan kondisi tubuh Anda dalam keadaan yang prima agar kegiatan touring berlangsung menyenangkan dan sampai tujuan dengan selamat.


Tags:
Sebelum Touring, Sebaiknya Inspeksi 7 Item Motor Ini | Akirra Lee | 4.5

Comments are closed.