Begini Cara Mengatasi Fingerprint yang Tidak Berfungsi

Mediababe.net – Penyebab fingerprint rusak dan bagaimana cara mengatasi fingerprint yang tidak berfungsi atau tidak bisa digunakan pada smartphone samsung dan iPhone. Bagi anda pengguna smartphone dengan fitur fingerprint tentunya sangat kesal ketika menemui masalah seperti sidik jari yang tidak berhasil dipindai oleh fingerprint. Nah kali kita akan membahas penyebab fingerprint tidak berfungsi di iphone maupun samsung dan bagaimana cara mengatasinya.

Fingerprint merupakan Fitur sensor fingerprint memberikan jaminan keamanan yang lebih baik untuk memproteksi privasi Anda di dalam smartphone. Hal ini adalah salah satu bukti bahwa setiap orang yang menggunakan fitur sidik jari pada smartphonenya memiliki pola sidik jari yang berbeda-beda sehingga jika ada orang yang mencoba membuka smartphone Anda tanpa izin, akan selalu gagal.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan fingerprint tidak bisa digunakan alias tidak berfungsi sama sekali. Nah inilah beberapa faktor tersebut.

cara mengatasi fingerprint yang tidak berfungsi

Faktor Penyebab Fingerprint tidak Berfungsi

  • Buggy beta software update
  • Keringat, tangan yang basah atau minyak
  • Air

Buggy beta software, apasih maksudnya ini? Begini apabila Anda memiliki kebiasaan untuk memperbarui operating system Anda (yang mana bagus) namun OS yang anda gunakan sama sekali tidak anda ketahui maka hal ini yang membuat fingerprint pada smartphone android anda tidak berfungsi sebelum developer operating system mengeluarkan versi stabil dari operating system tersebut. Umumnya mereka akan mengeluarkan versi “beta” nya, atau versi percobaan. Versi beta ini sangat tidak disarankan untuk Anda yang tidak menyukai percobaan dan mencari bug (masalah) pada sebuah sistem operasi.

Hal lain yang membuat fingerprint iphone jadi rusak adalah adanya keringat pada tangan anda atau tangan dengan kondisi basah lalu anda gunakan untuk mengaktifkan dan membuka layar kunci pada smartphone. Keringat adalah salah satu penyebab paling umum kenapa fingerprint bisa tidak berfungsi.

Air, juga salah satu hal yang membuat fitur sidik jari pada iphone, samsung, xioami, oppo ataupun merk hp lainnya rusak maka dari itu disarankan untuk tidak memegang maupun menggunakan jari dengan kondisi berlumuran air di tangan karena hal ini membuat rusak fingerprint permanen. Maka dari itu hindarilah penggunaan smartphone ketika anda menggenggam smarpthone.

Cara Mengatasi Fingerprint tidak Berfungsi di Samsung atau Iphone

Pada dasarnya, cara menggunakan fingerprint di hp samsung galaxy adalah dengan mendaftarkan sidik jari kita yang akan tersimpan di dalam smartphone. Bahkan pengguna bisa menambah lebih dari satu fingerprint jika memang diperlukan. Cara mengaktifkan fingerprint di samsung galaxy sendiri bisa kita lakukan melalui pengaturan kunci smartphone. Bagi Anda yang sudah menggunakannya tetapi selalu gagal terbaca, berikut cara memperbaiki fingerprint tidak berfungsi pada samsung galaxy.


1. Restart Smartphone

Sebelum melakukan metode yang lebih sulit, sebaiknya Anda melakukan restart atau reboot terhadap smartphone tersebut. Lebih baik lagi jika Anda melepaskan baterai, microSD dan juga SIM kemudian diamkan beberapa saat. Jika sudah, hidupkan kembali.

baca juga: Cara Merubah Tampilan Android Menjadi iPhone 6

2. Bersihkan Cache Aplikasi Fingerprint

Sidik jari Anda yang telah terdaftar akan tersimpan didalam aplikasi Fingerprint. Aplikasi ini pun meyimpan Cache yang bertujuan untuk mempercepat pemindaian ketika kita menempelkannya pada tombol Home. Tapi terkadang cache ini bisa menjadi penyebab finferprint samsung galaxy tidak berfungsi. Cara membersihkan cache aplikasi fingerprint masuk kedalam “Settings » Application Manager » All”. Selanjutnya pilih Fingerprints dan tap tombol “Clear Cache”.

baca juga: Tips Cara Mengatasi Charger Handphone yang Rusak atau Tidak Berfungsi

3. Menghapus Data Fingerprint

Berbeda dengan Cara Mengatasi Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi di nomor dua, cara ketiga ini akan menghapus data sidik jari yang telah terdaftar di smartphone tersebut. Nantinya, Anda harus mengaktifkan ulang sidik jari Anda untuk membuka smartphone yang terkunci. Cara menghapus cache aplikasi fingerprint masuk kedalam “Settings » Application Manager » All”. Selanjutnya pilih Fingerprints dan tap tombol “Clear Data”.

4. Menghapus Data Fingerprint Setelah di Root

Jika Anda baru saja melakukan root, tiba-tiba fitur fingerprint tidak berfungsi maka opsinya adalah dengan menghapus data menggunakan aplikasi Titanuim Backup. Caranya pasang aplikasi tersebut kemudian berikan akses root. Selanjutnya bukalah aplikasi ini dan masuk ke tab “Backup/Restore » Fingerprints”. Jika sudah ditemukan, pilih “Wipe Data” dan tekan “OK”.

5. Lakukan Factory Reset

Apabila cara memperbaiki fingerprint samsung error diatas belum berhasil, cobalah untuk melakukan factory data reset. Tetapi sebelum melakukannya, pastikan Anda melakukan backup sebelum factory reset agar nanti lebih mudah untuk mentetting ulang smartphone tersebut. Caranya tap “Settings» Backup & Reset » Factory Data Reset”. Pilih “Reset Device” dan hapus semua datanya.

6. Kembalikan ke OS Standar

Cara terakhir adalah mengembalikan sistem operasi ke semula, dengan cara ini pastinya fitur pemindai sidik jari atau fingerprint anda akan kembali bisa digunakan mengapa demikian karena setiap sistem operasi memiliki keunggulan dan fiturnya tersendiri jika smartphone tersebut kembali ke sistem opearasi semulanya maka semua fitur-fiturnya akan kembali normal.

baca juga: Cara Upgrade OS Android Ke Versi Terbaru Langsung dari HP

Demikianlah sedikit ulasan singkat mengenai cara mengatasi fingerprint yang tidak berfungsi atau tidak bisa digunakan pada smartphone. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


Begini Cara Mengatasi Fingerprint yang Tidak Berfungsi | Admin MB | 4.5

Comments are closed.