Cara Kompres Video Di Android Dengan VidCompact

Cara Kompres Video Di Android – Dulu sebelum era smartphone semakin canggih, ponsel memiliki kemampuan yang sangat terbatas baik dalam aplikasi maupun dalam segi fitur. Namun kini smartphone sudah memiliki kelebihan yang sangat mencolok dari ponsel-ponsel sebelumnya. Contohnya bisa kita lihat pada saat memutar video. Jika ponsel jadul biasanya format yang bisa dibuka hanya 3gp dan mp4 namun smartphone dapat membuka format video lebih dari itu.

Kini seiring dengan berkembang pesatnya teknologi, banyak smartphone baik dengan sistem operasi android atau IOS yang mampu merekam video dengan kualitas yang benar-benar bagus bahkan resolusinya pun bisa mencapai 1080p.

Namun sayangnya, ketika anda merekam video dengan kualitas yang bagus tentunya hasil dari video tersebut memiliki ukuran video yang cukup besar. Dan hal ini cendrung membuat pengguna berfikir dua kali saat ingin menyimpan ke memori maupun membagikannya ke media sosial miliknya, alasannya tentu saja karena dapat menguras kuota internet.

baca juga:

Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat menerapkan cara mengkompres video di android yang akan kami ulas ini agar ukurannya menjadi lebih kecil, sehingga bisa lebih mudah saat ingin dibagikan.

Cara Kompres Video Di Android Agar Tidak Mengurangi Kualitas Video

Untuk bisa menerapkan cara mengkompres ukuran video di Android, kita bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Salah satu yang bisa Anda gunakan adalah aplikasi VidCompact. Dengan tampilan antarmuka yang sederhana, fitur-fiturnya pun mudah digunakan dan cukup bisa di Andalkan.

Berikut langkah-langkah Cara mengkompres ukuran video di Android menggunakan VidCompact :


  1. Pertama, download aplikasi VidCompact di Google Playstore.
  2. Setelah berhasil terinstal, buka aplikasi Vidcompact tersebut.
  3. Selanjutnya pilih menu “trim & compress” untuk mengkompress video.
  4. Setelah memilih video yang ingin di kompret, kemudian pilih resolusi yang diinginkan (240p, 360p, atau 480p).
  5. Pilih mulai kompres video, setelah itu akan muncul opsi save, pilih “save to gallery”.
  6. Tunggu proses kompres video hingga selesai. Lama prosesnya sendiri tergantung dari ukuran file video.
  7. Selesai, kini video sudah berhasil di kompres dan ukurannya menjadi jauh lebih kecil.

Demikianlah sedikit singkat ulasan mengenai bagaimana cara kompres video di Android dengan mudah. Dengan menerapkan langkah-langkah diatas, ukuran video yang sebelumnya sangat besar sekarang menjadi lebih kecil, namun kualitas video masih tetap dipertahankan. Kini Anda bisa membagikan video anda tersebut tanpa harus pusing-pusing memikirkan kuota internet. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: hannah anisa

Tukang share ilmu bermanfaat dan suka membantu orang kesulitan dengan artikel yang mudah dipahami. Happy Reading (:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.