Cara Memotong Video di Movie Maker dengan Mudah

Cara Memotong Video di Movie Maker – Video merupakan salah satu teknologi dengan pengiriman sinyal elektronik dari suatu gambar bergerak. Dengan adanya teknologi ini, video setidaknya mampu menjadi sistem yang dapat memberikan pesan yang terkandung di dalamnya secara tersirat maupun tersurat. Adapun prosesnya yaitu menangkap gambar, kemudian merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak.

Umumnya ada berbagai macam jenis software yang bisa kita gunakan untuk memotong video di komputer maupun di laptop seperti software adobe premiere, sony vegas pro, after effect dan lain sebagainya. Namun bagi anda yang tidak mempunyai skill editing video atau misalnya anda hanya ingin memotong video saja tanpa harus mengedit dan memberikan efek-efek yang keren pada video maka anda bisa menggunakan aplikasi bawaan dari windows yakni Movie maker.

Movie maker merupakan sebuah program editing video yang sederhana, didesain untuk pemilik komputer dengan sedikit pengalaman untuk membuat video rumahan. Sebenarnya Microsoft sudah memperkenalkan fasilitas WMM ini di Windows Millennium Edition (Me) beberapa waktu lalu. Namun waktu itu masih sebagai tambahan atau Accessories.

Dengan WMM ini Anda bisa melakukan pengeditan video sederhana dan memainkannya melalui Windows Media Player. Kemudian Anda juga bisa mengkopinya ke CD dan dijadikan koleksi video Anda. Selain itu tampilan aplikasi dari movie maker terbilang sangat mudah untuk digunakan pada pemula.

Lantas bagaimana cara memotong durasi video di software movie maker mari kita simak pada ulasan berikut ini.

Cara Mudah Memotong Video Menggunakan Movie Maker

Melalui artikel kali ini, kami menggunakan aplikasi Movie Maker untuk memotong video. Jika Anda tidak terlalu membutuhkan proses pengeditan yang super ribet atau rumit, Anda dapat menggunakan aplikasi ini saja karena aplikasi ini tidak terlalu berat dibandingkan aplikasi sejenis lainnya.

Untuk dapat memotong video di Movie Maker, langkah awalnya yaitu komputer Anda harus sudah terinstall aplikasi Movie Maker. Aplikasi Windows Movie Maker dapat anda download melalui link ini. Langsung saja ikuti cara-cara berikut.

1. Buka aplikasi Movie Maker.

2. Pilih menu Home lalu pilih Add videos and photos.

2 pilih Add videos and photos

3. Selanjutnya cari dan pilih video yang ingin dipotong kemudian klik Open.

3 pilih video

4. Setelah video terbuka, maka setiap frame dari video tersebut akan tampil. Langkah selanjutnya yaitu masuk ke tahap pemotongan.

a. Memotong video bagian awal

– Geser garis ke kanan atau kiri sesuai video yang ingin dipotong > pilih menu Edit > pilih Split

4 a geser garis lalu split

– Lalu klik kanan pada bagian yang sudah dilakukan Split > pilih Remove.

4 a klik kanan remove

b. Memotong video bagian tengah

– Geser garis pertama ke arah kanan atau kiri > pilih menu Edit > pilih Split


4 b1 geser garis pertama lalu split

– Lalu geser kembali garis kedua ke arah kanan atau kiri > pilih Split

4 b2 geser garis kedua lalu-split

– Klik kanan > pilih Remove

4 b3 klik kanan remove

c. Memotong video bagian akhir

– Geser garis ke kanan atau kiri sebelum bagian akhir video sesuai bagian video yang ingin dipotong > pilih menu Edit > pilih Split

4 c1 geser garis lalu split

– Lalu klik kanan pada bagian yang sudah dilakukan Split > kemudian pilih Remove

4 c2 klik kanan remove

5. Setelah video telah berhasil terpotong jangan lupa untuk menyimpan video tersebut dengan cara pilih menu File > pilih Save movie > lalu silakan pilih ukuran video sesuai keinginan.

5 simpan

6. Pilih direktori penyimpanan > isi nama file video > lalu pilih Save atau Simpan.

6 save

7. Tunggu hingga proses penyimpanan selesai dilakukan.

7 tunggu proses

8. Maka file video telah berhasil disimpan.

8 berhasil

Nah demikianlah sedikit singkat ulasan mengenai bagaimana cara memotong video di aplikasi movie maker. Mudah bukan? Sebenarnya banyak aplikasi yang dapat memotong video, namun jika video yang harus diedit tidaklah terlalu rumit, Anda dapat menggunakan aplikasi Movie Maker sebagai pilihan karena aplikasi ini termasuk aplikasi yang ringan. Sekian artikel ini dan semoga bermanfaat bagi Anda.

sumber : Nesabamedia.com

You May Also Like

About the Author: hannah anisa

Tukang share ilmu bermanfaat dan suka membantu orang kesulitan dengan artikel yang mudah dipahami. Happy Reading (:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.