hannah anisa Tukang share ilmu bermanfaat dan suka membantu orang kesulitan dengan artikel yang mudah dipahami. Happy Reading (:

8 Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10

5 min read

Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10

Mediababe.net – Bagaimana cara mengatasi disk usage 100% di Windows 10? Nah jika Task manager Windows 10 Anda menampilkan penggunaan disk hingga 100%, maka hal ini akan menyebabkan hard drive komputer/laptop Anda terlalu banyak bekerja. Biasanya kondisi ini akan membuat komputer kita menjadi sangat lambat sehingga hampir tidak mungkin untuk bisa digunakan.

Lalu bagaimana solusinya? dan bagaimana cara memperbaiki disk usage 100% di Windows 10 pada komputer atau pun laptop kita? Nah kali ini kami akan memberikan tutorial singkat langkah-langkahnya pada berikut ini.

7 Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10

Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10

Berikut ini adalah beberapa cara untuk membantu mengatasi 100% disk usage pada windows 10. Anda tidak harus perlu mencoba semuanya, cukup pilihlah salah satunya yang dapat memperbaiki masalah yang anda temui.

Disable Windows Search

Untuk menentukan apakah Windows Search yang menyebabkan masalah penggunaan 100% disk Anda, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menonaktifkan Windows search untuk sementara , dan lihat serta rasakan apakah komputer Anda semakin cepat. Jika iya, Anda dapat menonaktifkan Windows search secara permanen.

Nonaktifkan Windows search untuk sementara

Windows search adalah apa yang membuat pencarian file di PC Anda lebih cepat. Jika Anda tidak menggunakannya sama sekali, atau Anda memiliki aplikasi pencarian lain, Anda dapat menonaktifkannya sepenuhnya. Menonaktifkan layanan ini akan menghentikan pengindeksan semua file. Tetapi Anda masih memiliki akses ke pencarian, yang akan memakan waktu lebih lama.

Berikut ini cara menonaktifkan windows search untuk sementara di windows 10 dan mencari tahu apakah itu menjadi penyebab masalah penggunaan 100% disk komputer anda Anda.

  • Pada keyboard Anda, tekan tombol logo Windows  dan X secara bersamaan, lalu pilih Command Prompt (Admin).
  • Klik Yes di jendela kontrol Kontrol Akun Pengguna.
Disable windows search sementara 2
  • Jendela yang sebagian besar hitam kemudian akan ditampilkan. Ini adalah jendela command prompt. Di jendela ini, ketikkan perintah berikut:

net.exe stop “Windows search”

  • Tekan Enter pada keyboard Anda.
Disable windows search sementara 3

Silahkan anda  periksa untuk melihat apakah penggunaan disk Anda dan kinerja komputer Anda membaik. Jika ya, Anda harus menonaktifkan Windows search secara permanen seperti dijelaskan di bawah ini. Jika tidak, lanjutkan ke Metode 2 .

Nonaktifkan Windows search secara permanen

Jika Anda menemukan bahwa Windows search menyebabkan kesalahan penggunaan disk Anda 100% di Windows 10, Anda dapat menonaktifkan Windows search secara permanen:

  • Tekan tombol logo Windows + R secara bersamaan, dan ketik services.msc .
Disable windows search permanen
  • Temukan opsi Windows search , klik dua kali untuk masuk ke jendela Properties .
Disable windows search permanen 2
  • Ubah jenis Startup ke Dinonaktifkan . Kemudian klik Terapkan dan OK untuk menyimpan perubahan Anda.
Disable windows search permanen 3
  • Periksa penggunaan disk komputer Anda: Ketik “task manager” di bilah Windows search dan pilih Task Manager , kemudian pada tab Processes, lihat% di bagian atas kolom Disk. Jika tidak lagi 100%, Anda telah memperbaiki masalahnya!

Jika masalah penggunaan disk 100% berlanjut, coba metode berikutnya, di bawah ini.

Nonaktifkan Super Fetch

Super Fetch membantu mengurangi waktu boot dan membuat program yang harus dimuat lebih efisien. Namun, telah diidentifikasi sebagai penyebab potensial masalah kinerja disk di Windows 8 dan versi Windows yang lebih baru, termasuk Windows 10. Berikut cara menghentikan layanan ini:

  • Pada keyboard Anda, tekan tombol Windows dan X secara bersamaan, lalu pilih Command Prompt (Admin) .
Disable Super Fetch 1
  • Klik Ya di prompt Kontrol Akun Pengguna.
Disable Super Fetch 2
  • Prompt perintah sekali lagi akan ditampilkan. Ketik perintah berikut:

net.exe stop superfetch

  • Tekan Enter pada keyboard Anda.
Disable Super Fetch 3
  • Tunggu beberapa menit untuk melihat apakah komputer Anda mulai berkinerja lebih baik. Atau periksa penggunaan disk komputer Anda: Ketik “task manager” di bilah Windows search dan pilih Task Manager , lalu pada tab Processes, lihat% di bagian atas kolom Disk. Jika tidak lagi 100%, Anda telah memperbaiki masalahnya!

baca juga:Cara Mematikan Auto Update Windows 10 Secara Permanen

Jika masalah penggunaan disk 100% berlanjut, coba metode berikutnya, di bawah ini.

Lakukan pemeriksaan disk

  • Pada keyboard Anda, tekan tombol Windows dan X secara bersamaan, lalu pilih Command Prompt (Admin) .
melakukan pengecekan disk
  • Klik Ya di prompt Kontrol Akun Pengguna .
melakukan pengecekan disk 2
  • Prompt perintah sekali lagi akan ditampilkan. Ketik perintah berikut: chkdsk.exe / f / r
  • Tekan Enter pada keyboard Anda, lalu ketik Y untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin melakukan pemeriksaan disk saat berikutnya Anda me-restart komputer Anda. Pastikan Anda telah menutup semua aplikasi Anda terlebih dahulu.
melakukan pengecekan disk 3

PENTING: Pemeriksaan disk akan dimulai saat berikutnya Anda mem-boot PC Anda dan mungkin perlu waktu untuk menyelesaikannya (bisa jadi beberapa hari). Jika, ketika Anda memulai ulang, Anda tidak punya waktu untuk menunggu pemeriksaan disk selesai, Anda dapat melewatinya. Anda harus menjadwal ulang lagi, seperti dijelaskan di atas.

Setelah Anda menyelesaikan pemeriksaan disk, periksa lagi penggunaan disk komputer Anda: Ketik “task manager” di bilah Windows search dan pilih Task Manager , kemudian pada tab Processes, lihat% di bagian atas kolom Disk . Jika tidak lagi 100%, Anda telah memperbaiki masalahnya!

baca juga: Cara Menghapus Permanen Windows Old Saat Update Windows

Jika masalah penggunaan disk 100% berlanjut, coba metode berikutnya, di bawah ini.


Cara 5 Atur Ulang atau Reset Memori Virtual

Memori virtual dapat dianggap sebagai perpanjangan dari memori fisik komputer Anda. Ini adalah kombinasi dari RAM dan sebagian dari hard drive Anda. Ketika RAM tidak cukup untuk melakukan tugas, Windows sementara akan menyimpan file dalam memori virtual, kemudian menukar kembali ke RAM ketika diperlukan.

Untuk mengatur ulang memori virtual:

  • Pada keyboard Anda, tekan tombol Windows dan tombol Pause / Break secara bersamaan. Kemudian pilih Pengaturan Sistem Lanjutan di panel kiri.
Reset Memori Virtual
  • Buka tab Tingkat Lanjut , lalu klik Pengaturan .
Reset Memori Virtual 2
  • Buka lagi tab Advanced , dan pilih Ubah … di bagian Memori virtual.
Reset Memori Virtual 3
  • Pastikan kotak centang secara otomatis mengelola ukuran file paging untuk semua drive TIDAK dicentang.
Reset Memori Virtual 4
  • Pilih drive windows Anda (hard drive atau partisi yang memiliki Windows diinstal di dalamnya – biasanya C:) , dan masukkan ukuran Initial dan Ukuran maksimum untuk memori virtual Anda:

Ukuran awal – Nilai ini bervariasi, tergantung pada komputer Anda. Jika Anda tidak yakin nilai apa yang digunakan, cukup masukkan angka apa pun yang ada dalam kategori Disarankan .

Ukuran maksimum – Jangan setel nilai ini terlalu tinggi. Seharusnya sekitar 1,5 kali ukuran RAM fisik Anda. mis. PC dengan 4 GB (4096 MB) RAM tidak boleh lebih dari 6.144 MB memori virtual (4096 MB x 1.5).

Reset Memori Virtual 5

Setelah Anda memasukkan nilai memori virtual Anda, klik Setel , lalu klik OK untuk melanjutkan. 

  • Bersihkan semua file ‘temp’ komputer Anda. Pada keyboard Anda, tekan tombol Windows dan R secara bersamaan, lalu di Run form, ketik temp dan tekan Enter . Ini akan mengaktifkan Windows Explorer dengan folder Temp Anda terbuka, menampilkan semua file temp di komputer Anda.
Reset Memori Virtual 6
  • Pilih semua file di folder Temp dan hapus.
  • Periksa penggunaan disk komputer Anda: Ketik “task manager” di bilah Windows search dan pilih Task Manager , kemudian pada tab Processes, lihat% di bagian atas kolom Disk. Jika tidak lagi 100%, Anda telah memperbaiki masalahnya!

Jika masalah penggunaan disk 100% berlanjut, coba metode berikutnya, di bawah ini.

Nonaktifkan Perangkat Lunak Antivirus untuk sementara

Jika Anda telah menginstal program antivirus atau anti-malware seperti Norton, Kaspersky, AVG, Avast Behavior Shield atau Malwarebytes, Anda harus mematikannya sementara atau menonaktifkannya untuk melihat apakah mereka menyebabkan masalah penggunaan disk Anda.

Perhatikan bahwa Microsoft memiliki anti-malware default, Windows Defender . Secara otomatis diaktifkan bahkan jika Anda juga memiliki aplikasi antivirus lain yang diinstal. Bahkan jika Anda menonaktifkan program antivirus lainnya, Windows Defender selalu ada untuk Anda selama rentang waktu tertentu. Jadi, tidak perlu terlalu khawatir tentang mematikan antivirus untuk sementara waktu.

Setelah Anda menonaktifkan antivirus Anda , periksa lagi penggunaan disk komputer Anda: Ketik “task manager” di bilah Windows search dan pilih Task Manager , lalu pada tab Processes, lihat% di bagian atas kolom Disk. Jika tidak lagi 100%, Anda telah menemukan masalahnya, dan Anda harus menghubungi vendor perangkat lunak antivirus Anda untuk melihat apakah mereka dapat memberikan bantuan.

baca juga:Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10 Untuk Sementara

Jika masalah penggunaan disk 100% berlanjut, coba metode berikutnya, di bawah ini.

Ubah pengaturan Google Chrome & Skype Anda

Untuk beberapa pengguna Windows 10, kombinasi tertentu dari pengaturan browser Skype dan Google Chrome menyebabkan masalah penggunaan disk 100% di Windows 10. Berikut cara untuk memperbaiki pengaturan tersebut (perhatikan bahwa kata-kata pada berbagai versi Chrome bisa sedikit berbeda):

  • Di Google Chrome, klik ikon tiga titik di sudut kanan atas dan pilih Pengaturan .
  • Gulir ke bawah ke bagian bawah halaman dan klik Advanced .
  • Dalam kategori Privasi dan Keamanan , pastikan Gunakan layanan prediksi untuk memuat halaman lebih cepat dimatikan.
  • Pastikan Skype Anda tidak berjalan.
  • Di Windows Explorer, pergi ke C: \ Program Files (x86) \ Skype \ Phone \ .
  • Klik kanan Skype.exe dan pilih Properties .
  • Buka tab Keamanan dan pilih Edit .
  • Klik SEMUA PAKET APLIKASI dan centang kotak centang Perbolehkan untuk Menulis . Kemudian klik Terapkan , lalu OK untuk menyimpan perubahan Anda.
  • Periksa penggunaan disk komputer Anda: Ketik “task manager” di bilah Windows search dan pilih Task Manager , kemudian pada tab Processes, lihat% di bagian atas kolom Disk. Jika tidak lagi 100%, Anda telah memperbaiki masalahnya!

Jika masalah penggunaan disk 100% berlanjut, coba metode berikutnya, di bawah ini.

Perbaiki driver StorAHCI.sys Anda

Masalah penggunaan disk Windows 10 100% mungkin juga disebabkan oleh beberapa model Advanced Host Controller Interface PCI-Express (AHCI PCIe) yang berjalan dengan inbox StorAHCI.sys driver karena bug firmware.

Berikut cara menentukan apakah ini masalah Anda dan memperbaikinya:

  • Buka Device Manager dengan menekan tombol logo Windows dan X secara bersamaan untuk memilih Device Manager
memperbaiki driver StorAHCI
  • Luaskan kategori IDE ATA / ATAPI Controllers , dan klik dua kali controller AHCI .
memperbaiki driver StorAHCI 2
  • Buka tab Driver dan klik Rincian Driver . Jika Anda dapat melihat storahci.sys disimpan di jalur folder system32, maka Anda menjalankan driver AHCI inbox.
memperbaiki driver StorAHCI 3
  • Tutup jendela Rincian Pengemudi dan buka tab Detail . Dari menu tarik-turun, pilih Jalur Instance Perangkat . Catat jalurnya, mulai dari VEN_ .
memperbaiki driver StorAHCI 4
  • Ketik regedit di kotak pencarian pada panel Mulai , lalu tekan Enter pada keyboard Anda untuk menjalankan Registry Editor. Lalu pergi ke:

HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Enum\PCI\ <AHCI Controller>\<RandomNumber>\Device Parameters\Interrupt Management\MessageSignaledInterruptProperties

< AHCI Controller > di sini merujuk pada nama yang Anda lihat dari langkah 2).

< Random Number > berbeda pada mesin yang berbeda.

memperbaiki driver StorAHCI 5
  • Klik dua kali kunci MSISupported dan ubah nilainya menjadi 0 .
memperbaiki driver StorAHCI 6
  • Nyalakan kembali komputer Anda setelah perubahan, kemudian periksa penggunaan disk komputer Anda: Ketik “task manager” di bilah Windows search dan pilih Task Manager , kemudian pada tab Processes, lihat% di bagian atas kolom Disk. Jika tidak lagi 100%, Anda telah memperbaiki masalahnya!

Nah demikianlah sedikit singkat ulasan mengenai bagaimana cara mengatasi disk usage 100% di windows 10 pada komputer, laptop atau gadget anda. Semoga berhasil good luck!

hannah anisa Tukang share ilmu bermanfaat dan suka membantu orang kesulitan dengan artikel yang mudah dipahami. Happy Reading (: