Begini Cara Merawat Laptop Dengan Baik dan Benar Agar Awet Saat Digunakan

Cara Merawat Laptop Dengan Baik dan Benar – Mungkin saat ini banyak dari Anda yang bertanya-tanya tentang bagaimana cara merawat laptop dengan baik. Sama seperti barang-barang lainnya, laptop yang saat ini Anda miliki sangat perlu dijaga dan dirawat dengan baik dan juga benar agar mereka tidak selalu cepat rusak dan tentunya tidak menyebabkan lambat maupun lemot saat digunakan.

Terlebih lagi, laptop yang Anda gunakan saat ini adalah laptop kesayangan anda karena sudah digunakan bertahun-tahun, ada aturan wajib Anda merawatnya dengan sungguh-sungguh. Tidak peduli apa pun merek laptop yang Anda miliki, entah itu Asus, Acer, dan Lenovo, Anda mutlak harus merawat laptop dengan baik dan benar.

Masalahnya saat ini tidak banyak orang yang tahu tentang bagaimana cara merawat laptop yang benar. Mereka hanya terkesan asal dalam merawat laptop, bahkan lebih banyak pengguna laptop enggan merawat laptopnya dan pada akhirnya laptopt tersebut menjadi lebih sering rusak, lemot dan sering mengalami kendala. Maka dari itu mereka yang memiliki laptop, masih sering mengabaikan kesehatan dan kondisi lapotp sendiri.

Merawat laptop sendiri, sama saja dengan merawat aset yang Anda miliki. Apalagi jika laptop yang Anda gunakan sangat berperan penting untuk menunjang pekerjaan atau aktivitas sehari-hari. Jika laptop rusak atau tidak nyaman digunakan, tentu sangat menyebalkan bukan? Dengan demikian, pada artikel kali ini kami akan memberikan sedikit tips bagaimana cara menjaga komputer Anda lipat yang baik dan benar agar selalu awet dan tidak mudah lag.

14 Cara Merawat Laptop Dengan Baik dan Benar Agar Awet tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Laptop Dengan Baik dan Benar

1. Selalu Gunakan Sistem Operasi (OS) Original

menggunakan sistem operasi original

Banyak orang yang ternyata masih melewatkan poin yang cukup penting ini. Kalau anda baru saja beli laptop baru, pastikan sistem operasi yang digunakan merupakan versi original alias bukan bajakan. Atau kalau anda sudah terlanjur menginstal sistem operasi bajakan di laptop, bisa segera menggantinya dengan versi original. Kenapa? Dengan menggunakan sistem operasi original, maka anda tidak perlu khawatir terdapat file-file berbahaya atau bug yang kerap mengganggu. anda tentunya tidak akan tahu bukan kalau mungkin saja sistem operasi bajakan yang anda gunakan saat ini sudah disisipi file-file berbahaya yang siap menginfeksi laptop anda.

Selain itu, dengan menggunakan sistem operasi original, maka anda akan selalu mendapat update terbaru dari sang penyedia sistem operasi. Adanya update atau pembaharuan tersebut biasanya dimaksudkan untuk memperbaiki bug atau menambal celah-celah keamanan yang terbuka yang bisa dimanfaatkan oleh virus atau orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Dan kalau anda menggunakan OS bajakan, tentunya sangat repot kalau mau melakukan update OS ke versi terbaru. Memang, untuk sistem operasi original sendiri harga yang dipatok cukup tinggi, tapi daripada data anda yang ada pada laptop terancam, lebih baik dari awal menggunakan yang original bukan?

2. Rutin Melakukan Disk Cleanup dan Defragment

melakukan disk cleanup dan defragment pada hardisk

Tips menjaga notebook atau laptop selanjutnya adalah anda harus rutin melakukan Disk Cleanup dan Disk Defragment pada hardisk. Semakin banyak data atau file yang ada pada laptop anda, maka semakin besar pula kemungkinan adanya data yang tidak terpakai dan menumpuk pada sistem sehingga menyebabkan tumpang tindih data. Akibatnya, ruang hardisk atau kapasitas memori laptop anda tentu saja akan berkurang.

Solusinya, anda bisa melakukan Disk Cleanup untuk membersihkan data-data tersebut supaya kapasitas ruang penyimpanan kembali lega. Caranya cukup mudah, anda hanya tinggal pilih partisi hardisk yang mau di bersihkan dengan cara “Klik Kanan > Properties“. Pada menu “General”, anda tinggal klik “Disk Cleanup”. Atau bisa juga anda klik “Start”, lalu ketik “Disk Cleanup” pada kolom pencarian dan pilih “Disk Cleanup”. Silahkan anda pilih partisi yang diinginkan.

Sedangkan Disk Defragment sendiri bertujuan untuk menjaga performa laptop atau komputer terutama hardisk dengan cara menyusun kembali file-file pada sistem serta memperbaiki bad sector yang ada serta program-program yang mengalami error. Untuk cara Disk Defragment ini sendiri adalah dengan terlebih dahulu memilih partisi yang mau anda Defrag, kemudian “Klik Kanan > Properties > Tools“. Pada bagian “Defragmentation” pilih “Defragment Now”.

Untuk cara ini bisa anda lakukan misalnya 1 bulan sekali atau 3 bulan sekali. Kalau anda rutin melakukannya, maka kata lemot tidak akan anda jumpai. Tips mengurus laptop atau komputer yang satu ini tentunya harus juga anda lakukan kalau anda menginginkan hardisk yang prima, terlebih lagi saat ini harga hardisk sudah tidak lagi murah.

3. Selalu Rutin Membersihkan Junk File

membersihkan file sampah pada hardisk

Tips memelihara laptop agar tidak lemot selanjutnya adalah dengan membersihkan Junk File. Junk File atau file sampah juga menjadi file yang kerap mengganggu performa laptop atau komputer dan seringkali membuat laptop jadi lemot. Penyebab adanya Junk File atau file sampah itu sendiri adalah karena adanya program-program yang anda jalankan pada laptop atau komputer, sehingga meninggalkan bekas atau biasa disebut Junk File. Semakin banyaknya Junk File, dan semakin lama anda tidak membersihkannya maka tentunya akan menambah beban sistem dan membuat laptop jadi lemot.

Nah, cara yang bisa anda lakukan agar laptop tidak lemot tentu saja dengan rajin membersihkan Junk File yang ada. Untuk membersihkannya, anda masuk ke “Run > ketik %temp%” kemudian hapus file-file yang ada disana. Selain itu, kalau anda mau praktis dan cepat, anda bisa menggunakan bantuan software bernama Ccleaner atau software lainnya yang anda sukai. anda tentunya bisa menjadwal kapan harus membersihkan Junk File, bisa seminggu sekali atau sebulan sekali.

4. Hapus Program yang Tidak Dibutuhkan

uninstall program yang tidak dibutuhkan

Program atau software memang penting untuk sebuah laptop atau komputer. Tanpa adanya program tersebut maka tentunya laptop tidak akan berguna, bukan begitu? Tapi tentunya anda harus cermat memilih program-program mana saja yang penting dan dibutuhkan, jangan sampai program tersebut sudah terinstal di laptop anda, tapi anda tidak pernah menggunakannya. Terlebih lagi ukuran program tersebut sangat besar dan membuat penuh memori.

Maka dari itu, segera pilih dan pilah program-program mana saja yang tidak anda butuhkan dan segeralah hapus atau meng-uninstall nya. Dengan penuhnya memori, maka tentunya membuat kinerja laptop semakin berat yang pada akhirnya membuat laptop anda menjadi lemot, tidak peduli apapun merek laptop anda entah itu Asus, Acer ataupun Lenovo.

5. Rajin Membersihkan Jeroan Laptop

membersihkan hardware laptop

Menjaga kebersihan jeroan laptop terutama hardware juga merupakan cara selanjutnya untuk menjaga kondisi laptop atau komputer tetap optimal. Seiring berjalannya waktu, biasanya semakin banyak debu yang masuk dan menempel di bagian dalam laptop. Keberadaan debu tersebut, terlebih dalam jumlah banyak, tentu akan mengganggu kondisi laptop. Debu-debu tadi akan menghalangi sirkulasi udara yang sangat dibutuhkan hardware untuk membuang aliran panas yang ada. Kalau sudah begitu, maka hardware laptop akan overheat dan lama kelamaan akan rusak karena panas berlebih.

Solusinya, anda bisa membersihkan lubang-lubang udara atau hardware dari debu menggunakan bantuan kuas lembut atau vacuum cleaner. Selain itu, anda juga bisa membersihkan CPU dari debu serta membersihkan bagian lain seperti RAM. Untuk RAM, anda bisa menggunakan bantuan penghapus yang lembut kemudian gosokkan penghapus tersebut ke bagian timah kuningan yang ada di RAM untuk membersihkan kotoran.

6. Rajin Membersihkan Layar

rajin membersihkan layar

Semakin lama umur laptop, maka biasanya semakin kotor pula layar laptop terutama kalau anda tidak pernah membersihkannya. Biasanya, pada layar laptop akan terdapat jamur yang mengganggu. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan cairan pembersih layar yang banyak dijual di pasaran. Jangan lupa juga gunakan kain lembut ketika membersihkannya. Selain itu, anda juga bisa menggunakan lapisan antigores untuk layar supaya layar terlindungi dari goresan kecil dan gantilah lapisan antigores tersebut kalau tampilannya sudah mulai buram.


7. Rajin Membersihkan Tuts Keyboard

membersihkan tombol-tombol pada keyboard laptop

Tidak hanya bagian jeroan, tuts keyboard laptop juga menjadi bagian yang seringkali dihinggapi debu. Banyaknya debu yang menempel di sela-sela keyboard atau dibagian bawah keyboard membuat responsifitas keyboard akan terganggu. anda bisa mengandalkan kuas kecil yang lembut, blower, dan juga vacuum cleaner untuk membersihkan debu yang ada di sela-sela keyboard. Atau, kalau anda cukup mahir dan berani, anda bisa membongkar keyboard untuk membersihkan debu yang ada di tempat yang sulit dijangkau.

8. Matikan Laptop Dengan Cara yang Benar

mematikan laptop dengan cara yang benar

Bagaimana cara anda mematikan laptop? Apakah dengan langsung menekan tombol Power? Kami sarankan jangan menggunakan tombol tersebut dikarenakan cara yang anda gunakan sangat ampuh untuk membuat laptop cepat rusak. Dengan langsung menekan tombol power ketika akan mematikan laptop, maka membuat sistem dan hardware akan berhenti secara mendadak, akibatnya registry komputer akan error, dan hardware-hardware lainnya seperti prosesor, hardisk dan memori akan cepat rusak karena kehilangan daya secara tiba-tiba.

Hal tersebut tentu bakal memperpendek usia laptop milik anda. Kalau anda mau laptop awet, maka matikanlah laptop dengan cara yang benar yakni dengan masuk ke Start > Shut Down/Turn Off. Poin ini sebenarnya merupakan cara merawat laptop yang baik yang paling dasar dan paling mudah untuk dilakukan.

9. Gunakan Stabilizer dan UPS

gunakan stabillizer dan ups

Sebenarnya ini lebih cocok untuk anda yang menggunakan komputer PC. Tapi tidak ada salahnya bukan anda pengguna laptop khususnya yang sering menggunakan laptop dengan cara melepas baterai dan langsung menghubungkan laptop ke colokan listrik mengetahui hal ini. Seperti yang kita tahu, di daerah-daerah tertentu seringkali mengalami pemadaman listrik mendadak.

Hal tersebut tentunya mengakibatkan komputer jadi lebih cepat rusak, terutama kalau hal tersebut berlangsung cukup sering. Untuk menyiasatinya, anda bisa menggunakan alat UPS untuk membackup daya sehingga komputer tidak akan langsung mati ketika listrik padam, dengan begitu anda punya kesempatan mematikan komputer dengan prosedur yang benar.

Selain itu, menggunakan stabilizer juga sangat penting untuk mengantisipasi tegangan listirk yang sering mengalami lonjakan dan penurunan tiba-tiba yang juga bisa mengakibatkan kerusakan pada komputer. Kemudian jangan lupa juga anda menggunakan perangkat yang berkualitas untuk komputer, salah satu yang penting adalah power supply yang berperan sebagai pemompa tenaga ke seluruh bagian komputer.

Gunakanlah power supply berjenis pure power yang akan memberikan tenaga stabil dan optimal. Usahakan hindari menggunakan power supply merupakan bawaan casing yang notabene punya kualitas jelek dan menghasilkan tenaga yang tidak stabil. Kalau anda masih tetap menggunakan power supply yang punya kualitas jelek, maka hardisk dan hardware lainnya tidak akan memiliki umur yang panjang.

10. Gunakan Laptop Sesuai Jenisnya

gunakan laptop sesaui jenisnya

Ada berbagai jenis laptop yang ada saat ini, ada laptop yang khusus untuk pekerjaan, ada laptop standar yang untuk kebutuhan sehari-hari (bukan untuk kebutuhan berat) ada juga laptop untuk gaming. Kesemua jenis laptop tersebut tentunya dirancang dengan komponen dan ketahanan yang berbeda-beda. Untuk anda yang senang bermain game, tentunya jangan terlalu sering dan lama menggunakan laptop dengan spesifikasi standar yang memang tidak dirancang untuk melakukan aktivitas gaming.

Kalau digunakan untuk gaming terus menerus, bukan tidak mungkin laptop akan cepat rusak karena terus di paksa untuk menjalankan game yang terkenal cukup memberatkan hardware. Jadi, kalau anda mau secara intens bermain game, maka gunakanlah laptop gaming, bukan laptop standar. Jika anda ingin mengetahui laptop gaming apa yang layak untuk dibeli, anda bisa membacanya pada ulasan berikut ini.

11. Jangan Gunakan Laptop di Atas Kasur

jangan gunakan laptop di atas kasur

Laptop memang praktis, membuatnya bisa digunakan dimana saja terutama diatas kasur sebagai teman nonton film Korea, misalnya. Tapi, hal tersebut ternyata malah membuat laptop bisa mudah rusak karena aliran udaranya terhambat. Padahal, salah satu kunci yang membuat laptop awet adalah suhunya yang tetap terjaga dan adanya aliran udara yang lancar.

Dengan menggunakan laptop diatas kasur, terutama kasur yang empuk, dikhawatirkan akan menghambat sirkulasi udara laptop yang menyebabkan udara panas terperangkap sehingga membuat komponen-komponennya overheat. Belum lagi kalau lubang udaranya terhalang oleh kain atau sprei. Maka dari itu, jangan gunakan laptop diatas kasur dan gunakanlah di tempat yang punya bidang datar dan keras.

12. Gunakan Pendingin Suhu atau Cooling Pad

gunakan pendingin suhu atau cooling pad

Poin selanjutnya tentang tips menjaga laptop yang baik dan benar ini masih tentang udara panas yang ada pada laptop. Untuk meminimalisir udara panas yang dihasilkan oleh laptop, anda bisa menggunakan alat pendingin laptop atau biasa disebut Cooling Pad. Pilihan dan harganya pun saat ini sudah beragam, dari mulai yang hanya puluhan ribu sampai dengan ratusan ribu. Kalau suhu laptop tetap dingin, laptop anda pun jadi lebih awet bukan?

13. Melakukan Kalibrasi Baterai Laptop

melakukan kalibrasi baterai laptop

Poin yang satu ini adalah tentang cara memelihara baterai laptop entah itu Asus, Lenovo atau Acer yang bisa anda coba kalau baterai laptop anda cepat habis, yakni dengan melakukan kalibrasi baterai laptop. Lalu bagaimana cara kalibrasi baterai laptop ini? Berikut ini tutorialnya:

  • Pertama, silahkan anda charger laptop sampai penuh 100%
  • Setelah penuh, jangan langsung cabut charger dan biarkan saja laptop menyala sekitar 2 jam. Usahakan anda jangan menggunakan laptop tersebut selama 2 jam.
  • Kemudian, anda masuk ke “Control Panel > Hardware and Sounds > Power Option > Edit Plan Settings“.
  • Silahkan anda atur mode supaya laptop bisa otomatis masuk ke mode sleep ketika kapasitas baterai sudah 5%.
  • Setelah itu, cabut charger dari laptop dan biarkan laptop menyala sampai baterai habis. Ketika baterai sudah mencapai 5%, maka nantinya laptop akan masuk ke mode sleep. Tapi pastikan juga laptop anda tidak akan otomatis masuk ke mode sleep ketika dibiarkan menyala atau ketika iddle.
  • Setelah laptop mati, biarkan saja laptop selama kurang lebih 5 jam. Jika sudah, maka silahkan charge kembali laptop sampai penuh 100%.
  • Nyalakan laptop, dan jangan lupa kembalikan pengaturan setting management power yang sudah dirubah tadi menjadi seperti semula.
  • Selesai.

baca juga: Cara Mengatasi Baterai Laptop tidak Mengisi Daya saat dicas (Plugged In, Not Charging)

14. Rajin Scan Antivirus

rajin membersihkan dan scan virus pada laptop

Poin terakhir mengenai cara mengurus komputer lipat agar tidak lag adalah dengan rutin men-scan laptop anda dengan antivirus. Adanya virus pada laptop otomatis akan membuat kinerja laptop jadi lemot, dan bukan tidak mungkin akan merusak atau menghilangkan data-data penting yang ada pada laptop anda. Oleh karenanya, sering-seringlah anda men-scan laptop menggunakan antivirus terpercaya dan jangan lupa juga update secara rutin antivirus supaya lebih ampuh melibas virus-virus.

Demikianlah ulasan tentang 14 Cara merawat laptop yang baik dan benar agar awet digunakan dan tidak cepat rusak. Dengan menggunakan cara diatas semoga performa laptop anda semakin membaik. Tips memelihara laptop yang baik dan benar ini tentunya bisa digunakan untuk semua laptop dari mulai Asus, Acer maupun Lenovo. Semoga tips ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

Begini Cara Merawat Laptop Dengan Baik dan Benar Agar Awet Saat Digunakan | hannah anisa | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.